Bertemu Ibas, Petani Jeruk di Magetan Keluhan Sulitnya Peroleh Pupuk Subsidi

Senin, 25 April 2022 17:00 Reporter : Fikri Faqih
Bertemu Ibas, Petani Jeruk di Magetan Keluhan Sulitnya Peroleh Pupuk Subsidi Ibas Bertemu Petani Jeruk di Magetan. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) melakukan kunjungan ke Desa Tamanan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Selain melihat perkebunan jeruk, dia juga menyalurkan bantuan berupa paket sembako serta biskuit gizi (MPASI) tinggi untuk ibu hamil dan balita.

Dia berpesan kepada para ibu hamil agar nantinya tetap memberikan asi eksklusif untuk bayinya. Asi merupakan makanan langsung dari Tuhan yang diberikan secara gratis. Di samping itu, asi memiliki kandungan gizi tinggi tiada tara yang bisa melindungi bayi dari berbagai penyakit dan meningkatkan kecerdasan serta lain sebagainya.

"Semoga kelak anak-anak kita menjadi anak yang berbakti pada orang tua, baik ibadahnya, jadi anak yang pintar, kemudian berhasil jadi pemimpin-pemimpin hebat," katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/4).

Ibas kemudian menyempatkan waktunya bertemu dengan petani jeruk di Perkebunan Jeruk Pamelo. Jeruk Pamelo merupakan jeruk syarat khasiat khas Kabupaten Magetan yang juga dibudidayakan. Bentuknya hampir mirip dengan jeruk bali, tetapi jeruk pamelo memiliki daging berwarna merah tanpa biji dan rasanya lebih manis.

2 dari 2 halaman

Budidaya jeruk pamelo di Desa Tamanan sudah ada sejak tahun 60-an. Hingga saat ini, perkebunan jeruk pamelo terus dikembangkan oleh warga karena ini menjadi pendapatan tertinggi desa.

"Terus untuk pengembangannya apa ada kendala?" tanya Ibas.

"Ada Mas, pertama sulit mendapatkan pupuk subsidi. Selain ada penjatahan, administrasinya juga sulit. Harus bawa KTP, KK, dan lain-lain. Mungkin maksudnya supaya tidak diperjualbelikan lagi, tapi jujur saja kami petani justru merasa terbebani. Nah, kedua kalau pupuk non subsidi, harganya terlalu mencekik Mas Ibas," jawab petani.

"Kalau pupuknya pakai apa?" tanya Ibas lagi.

"Ini pakai NPK, tapi juga dicampur dengan pupuk organik. Dua-duanya dibutuhkan," jawab petani jeruk.

"Tidak hanya di perkebunan jeruk, sebelumnya saya juga mendapat uneg-uneg dari petani tebu tentang kesulitan pupuk ini, Insya Allah, saya akan senantiasa memperjuangkan, menyampaikan aspirasi Panjenengan sedoyo, agar ada kebijakan atau solusi yang tentunya tidak merugikan petani kita," ungkap Ibas.

Sebagai wujud nyata dukungan Ibas dalam meningkatkan perekonomian warga, Ibas memberikan bantuan pupuk dan alat semprot hama untuk perkebunan Jeruk Pamelo. Ia berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan bisa membantu meningkatkan hasil panen Jeruk Pamelo. [fik]

Baca juga:
Ibas Bantu Petani Teh: Saya Paham Kita Mendapatkan Banyak Cobaan, Harga Sembako Naik
CEK FAKTA: Foto Ibas Baca Buku Berjudul 'Panduan Jualan Minyak Goreng' Hasil Editan
Ibas Tinjau Wisata Kuliner Durian di Kali Klepu Pacitan
Saat Ibas Tuangkan Minyak Goreng Literan untuk Ibu-Ibu yang Antre
Ibas Bangga Pacitan Sekarang Punya Jalan yang Bagus, PLTU dan Waduk
Minyak Goreng Langka, Ibas: Pedagang Boleh Untung tapi Pembeli Jangan Kemahalan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini