Bertebaran Hoax Soal COVID-19, Gimana Cara Mendapatkan Informasi yang Valid Ya?

Kamis, 9 April 2020 00:01 Reporter : Iwan Tantomi
Bertebaran Hoax Soal COVID-19, Gimana Cara Mendapatkan Informasi yang Valid Ya? Bertebaran Hoax Soal COVID-19, Gimana Cara Mendapatkan Informasi yang Valid Ya?. ©Shutterstock

Merdeka.com - Indonesia tengah berperang melawan COVID-19 yang kini sedang menjadi pandemi di berbagai negara. Beragam upaya pun telah dilakukan pemerintah untuk memutus mata rantai dari penyebaran virus Corona di Tanah Air. Dari mulai menghimbau masyarakat untuk work from home (WFH), hingga memberlakukan karantina wilayah di berbagai kota di Indonesia.

Sayangnya, di tengah situasi krisis seperti saat ini, masih banyak hoax yang beredar. Bahkan, tak sedikit yang meresahkan masyarakat. Lantas, gimana sih cara mendapatkan informasi yang valid?

1 dari 3 halaman

Jangan Gampang Percaya Informasi yang Beredar di WAG

bertebaran hoax soal covid 19 gimana cara mendapatkan informasi yang valid ya

Shutterstock

Boleh dibilang beberapa informasi yang dibagikan via WhatsApp Group (WAG) tak 100 persen valid. Apalagi jika tidak disertai dengan sumber informasi yang jelas. Misalnya, saat pandemi Corona ini berlangsung, di WAG sering dijumpai beberapa video petugas medis dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap sedang menjemput pasien.

Padahal belum tentu video tersebut realtime dan pasiennya memang terinfeksi COVID-19. Belum pasti juga lokasinya di sekitar tempat tinggal, bahkan di Indonesia. Makanya, biar tak menimbulkan kepanikan, jangan gampang percaya informasi yang beredar di WAG, apalagi sampai membagikannya ke yang lain sebelum pasti kebenarannya.

2 dari 3 halaman

Selalu Cross-Check Kebenaran Data

bertebaran hoax soal covid 19 gimana cara mendapatkan informasi yang valid ya

Shutterstock

Guna memastikan informasi yang diterima valid atau tidak, kroscek dulu kebenaran datanya. Katakanlah, baru dapat informasi berantai dari WAG, nah untuk memastikan kevalidannya cocokkan dengan data terbaru dan resmi dari pemerintah. Sebut saja, di video tersebut atau di informasi yang diterima disebutkan korban meninggal di Indonesia akibat COVID-19 sudah mencapai ribuan orang, padahal aslinya tidak.

Lalu, jangan terlalu percaya dengan headline bombastis. Yang benar, baca dulu dengan runut semua informasinya,cross-check kembali kebenaran datanya. Langkah ini bukan saja membuat siapapun jadi pembaca cerdas, tetapi juga menumbuhkan sikap awas yang tak gegabah.

3 dari 3 halaman

Update Informasi COVID-19 di Website Terpercaya

bertebaran hoax soal covid 19 gimana cara mendapatkan informasi yang valid ya

Shutterstock

Supaya bisa mengikuti perkembangan informasi COVID-19 secara up-to-date dan tentunya tak mudah termakan hoax, selalu gali informasi baru dari website berita terpercaya. Kamu bahkan, bisa mendapatkan update tentang COVID-19 secara on time lewat fitur baru di aplikasi DANA, yaitu SIAP SIAGA LAWAN COVID-19.

Lewat fitur tersebut, kamu bisa mengetahui perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia, termasuk jumlah orang yang terkontaminasi, jumlah orang yang dalam perawatan, jumlah pasien yang sembuh, hingga pasien yang meninggal.

bertebaran hoax soal covid 19 gimana cara mendapatkan informasi yang valid ya

Instagram/dana.id

Bukan itu saja, kamu juga bisa update berita terbaru seputar COVID-19 dari Liputan6.com yang terpercaya, tips menjaga diri selama #DiRumahAja, DANA Deals, layanan Hotline COVID-19, hingga cek kesehatan untuk memastikan apakah kamu aman dari COVID-19.

Hal yang tak kalah penting, lewat fitur DANA tersebut, kamu juga bisa berdonasi untuk membantu sesama melawan Corona via Kitabisa. Donasi mudah tanpa harus keluar rumah. Yuk, jadikan DANA sebagai aplikasi serba bisa selama #DiRumahAja!
Info lengkap tentang aplikasi DANA, klik di sini.

[wri]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. DANA
  3. Advertorial
  4. Covid 19
  5. Corona

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini