Berkas Kasus Pembunuhan Hakim Jamaluddin Diserahkan ke Jaksa

Rabu, 19 Februari 2020 15:35 Reporter : Yan Muhardiansyah
Berkas Kasus Pembunuhan Hakim Jamaluddin Diserahkan ke Jaksa Penyerahan berkas kasus pembunuhan berencana hakim PN Medan. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kasus pembunuhan berencana terhadap hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jamaluddin memasuki babak baru. Polisi telah menyerahkan berkas perkara itu ke Kejaksaan.

"Berkasnya sudah kita kirim ke Kejari Medan kemarin," kata Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Maringan Simanjuntak, Rabu (19/2).

Berkas yang diserahkan di antaranya berita acara pemeriksaan ketiga tersangka, Zuraida Hanum (41), Jefri Pratama (42) dan Reza Fahlevi (29). Zuraida adalah istri Jamaluddin yang diduga sebagai otak pelaku pembunuhan. Berkas perkara itu masih dipelajari Kejari Medan.

"Apabila dinyatakan lengkap, Polrestabes Medan akan mengirim ketiga tersangka beserta barang bukti kepada kejaksaan," sebut Maringan.

Seperti diberitakan, Jamaluddin diduga dibunuh di rumahnya, Perumahan Royal Monaco, Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Medan pada Jumat (29/11) dinihari. Pada siang harinya, jasad pria ini ditemukan di jok tengah mobil Toyota Land Cruiser Prado dengan nomor polisi BK 77 HD yang jatuh ke jurang pada areal kebun sawit di Desa Suka Dame, Kutalimbaru, Deli Serdang.

Jenazah kemudian diautopsi di RS Bhayangkara, Medan, Jumat (29/11) malam, sebelum dibawa ke Nagan Raya, Aceh, untuk dimakamkan pada Sabtu (30/11). Berdasarkan hasil autopsi itu, polisi memastikan Jamaluddin merupakan korban pembunuhan.

Penyelidikan polisi kemudian mengarah kepada Zuraidah, Jefri dan Reza. Ketiganya ditetapkan sebagai tersangka yang telah melakukan pembunuhan berencana. Mereka dijerat dengan Pasal 340 subs Pasal 338 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1e. Mereka terancam hukuman mati. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini