KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Berkas dua pembakar lahan di Riau diserahkan ke Kejaksaan

Selasa, 15 November 2016 06:27 Reporter : Abdullah Sani
Dua pembakar lahan di Riau. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Polres Kampar menyerahkan berkas perkara dua tersangka kebakaran hutan dan lahan beserta barang buktinya ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kampar. Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata mengatakan kedua tersangka kasus pembakaran lahan ini berinisial MY (47) dan SS (41), merupakan warga Dusun III Desa Pulau Godang, Kecamatan XIII Koto Kampar.

"Bersama tersangka, sejumlah barang bukti terkait kasus ini antara lain satu lembar fotocopy surat tanah atas nama tersangka MY, satu buah mancis yang digunakan untuk membakar dan dua potong kayu bekas terbakar juga dilimpahkan ke jaksa siang tadi," ujar Edy, Senin (14/7).

Edy mengatakan, kedua tersangka ini diamankan pihak Kepolisian pada pertengahan September 2016 lalu, lantaran diduga melakukan pembakaran lahan miliknya yang berlokasi di Dusun III, Desa Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau. Akibatnya, kebakaran yang cukup luas di sekitar kawasan tersebut sehingga menimbulkan kabut asap.

Menurut perwira menengah jebolan Akademi Kepolisian tahun 1996 ini, dengan diserahkannya tersangka, maka proses hukumnya akan memasuki tahap II. Proses penuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum selanjutnya diserahkan ke Pengadilan Negeri Kampar untuk disidangkan.

"Kasus ini hendaknya dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat maupun pelaku Karhutla lainnya, untuk tidak lagi melakukan pembakaran dalam membuka lahan pertanian karena akan dilakukan tindakan tegas dan penegakan hukum sesuai aturan yang berlaku," pungkas Edy. [dan]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.