Berjemur di Ruang Terbuka, 9 Kades Terpilih di Purbalingga Dilantik

Kamis, 9 April 2020 12:51 Reporter : Abdul Aziz
Berjemur di Ruang Terbuka, 9 Kades Terpilih di Purbalingga Dilantik Pelantikan kades Purbalingga. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Sambil Berjemur, Tiwi Melantik 9 Kades Terpilih Purbalingga- Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) melantik dan mengambil sumpah

Berjemur di bawah sengatan matahari pagi, sembilan Kepala Desa (Kades) terpilih periode 2020-2026 di Purbalingga dilantik, Rabu (10/4). Proses pelantikan dan pengambilan sumpah mematuhi ketentuan antisipasi Covid-19, diantaranya Mulai dari pengecekan suhu tubuh, pencucian tangan, menggunakan masker serta menjaga jarak.

Para kades ini hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 8 Maret lalu. Pelantikan dilaksanakan sambil berjemur di halaman Pendapa Dipokusumo, kompleks Pemkab Purbalingga, Rabu (9/4).

1 dari 1 halaman

Kades Jangan Pesta Syukuran

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menyampaikan agar kades terlantik segera bekerja cepat, terutama dalam mengambil langkah strategis dalam pencegahan dan penanganan Covid-19. Dia meminta kepada kades terlantik tak perlu menggelar pesta atau syukuran yang mengundang banyak orang.

"Karena saat ini kita semua masih fokus pada pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19," kata Tiwi.

Tiwi juga mengingatkan pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 saat ini menjadi agenda prioritas. Ia meminta para kades terpilih bersinergi dengan para Ketua RT/RW untuk mendata pemudik yang datang segera dilaporkan berjenjang.

Disamping itu, Kades diminta mensosialisasikan kepada masyarakat terkait upaya pencegahan. Di antaranya meniadakan acara kerumunan/keramaian sementara waktu. Masyarakat harus menggunakan masker ketika ke luar rumah dan sebagainya.

"Dana Desa (DD) nantinya bisa digunakan untuk upaya pencegahan dan penanganan Covid-19, aturannya sudah dibuat dan dan ini jelas mulai dari pemerintah pusat sampai kabupaten. Kita juga sudah membuat guidance atau petunjuk agar jangan sampai salah menganggarkan," katanya.

Setelah pelantikan, bupati menekankan sudah tidak ada lagi kubu-kubu pendukung calon kades lagi, semuanya adalah rakyat yang harus diayomi dan disejahterakan. Segera rangkul seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali termasuk mantan kades kemarin yang telah bertugas.

"Ajak mereka untuk bergerak bersama membangun dan mensejahterakan desa," katanya. [rhm]

Baca juga:
Universitas Cambridge Bangun Laboratorium Tes Covid-19, Targetkan 30.000 Tes Sehari
Indonesia Masuk Daftar Pemberi Stimulus Corona Terbesar di Asia
Lockdown, Ini Kisah Haru Petugas Masjid Bagikan Pasokan Makanan Gratis untuk Warga
Labkesda Jabar Prioritaskan Pengecekan Klaster Penyebaran Virus Covid-19
Pasien ODP Virus Corona di Kutai Kartanegara Kabur dari Lokasi Karantina
Melihat Dapur Umum untuk Warga Terdampak Covid-19

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini