Beri Dampak ke Masyarakat, Sido Muncul Raih Penghargaan Indonesia SDGs Action Award

Kamis, 1 Desember 2022 22:09 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Beri Dampak ke Masyarakat, Sido Muncul Raih Penghargaan Indonesia SDGs Action Award Sido Muncul Raih Penghargaan Indonesia SDGs Action Award. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Sido Muncul memenangkan Indonesia's SDGs Award 2022 untuk kategori Pelaku Usaha Besar. Bersaing dengan korporasi raksasa lainnya, Sido Muncul membuktikan dampak nyata di masyarakat yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan.

Indonesian SDGs Award 2022 merupakan ajang penghargaan bagi pihak-pihak yang berkontribusi memberi dampak nyata kepada masyarakat yang sejalan dengan 17 tujuan SDG. Tak hanya dilakukan negara maju, hampir seluruh negara di dunia berupaya mewujudkan 17 tujuan SDG untuk lingkungan dan pemberdayaan yang lebih baik.

Kepala Sekretatiat Nasional SDG's Indonesia Dr. Vivi Yulaswati, MSc mengatakan Kementrian PPN/Bappenas banyak melihat aksi baik yang dilakukan para tokoh, kelompok, dan berbagai pihak yang mendukung SDGs.

"Karena kemarin itu kita banyak sekali melihat inspiring movement, kemudian banyak contoh-contoh baik di masyarakat, aksi-aksi nyata dan semuanya banyak juga pada koridor SDGs. Jadi kita kasih juga ajakan yang disebut dengan SDGs Action Award," kata Vivi dalam keterangannya, Kamis (1/12).

Penghargaan ini juga merupakan bentuk apresiasi kepada para kelompok dan pihak inspiratif. "Jadi (kami) memberikan apresiasi terhadap berbagai kelompok, dan pihak yang memberikan contoh-contoh untuk melakukan SDGs." terang Vivi.

Sido Muncul bersaing dengan 252 perusahaan dan lolos di 5 besar. Selain Sido Muncul, ada PT Bank Central Asia Tbk, PT Telkom Indonesia Tbk, Danone Group dan Chandra Asri Petrochemical. Setelah melalui proses panjang, Sido Muncul dianugerahkan pemenang pertama pada kategori Pelaku Usaha Besar, disusul oleh BCA dan Telkom.

Ajang penghargaan ini menjadi bukti Sido Muncul membantu upaya pemerintah mengakhiri kemiskinan, mengecilkan kesenjangan, dan berorientasi kepada lingkungan.

2 dari 2 halaman

Kontribusinya untuk Masyarakat

Dia mengatakan, Sido Muncul memiliki 35 program yang sudah diverifikasi oleh UNDIP SDG Center. Namun pada kesempatan ini, ada 3 program unggulan yang berhasil mengantar Sido Muncul untuk meraih penghargaan terbaik pertama pada SDGs Action Award 2022.

Sido Muncul membangun Community Development yang untuk para petani Kapulaga di Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Pada program ini, petani mendapatkan revenue sebanyak Rp6 miliar dari penjualan Kapulaga yang diterima Sido Muncul.

Sido Muncul juga berupaya pada program Mbok Jajan untuk bantu dongkrak ekonomi masyarakat kecil dengan adanya pelatihan pembuatan snack yang baik, enak, dan sehat. Sido Muncul tidak hanya memberdayakan masyarakat, namun juga menyediakan koperasi untuk menciptakan peluang ekonomi yang lebih baik bagi peserta pelatihan dan masyarakat luas. Dari program ini, tercatat setidaknya ada Rp35 juta per bulan yang bisa dihasilkan para peserta.

Selain itu, ada pula program DIPA, Desa Inspirasi Padi. Program ini menyasar petani padi di Sukoharjo dan Karanganyar, Sido Muncul.

Program ini berbentuk pelatihan intensif agar kapasitas panen beras bisa lebih optimal. Dari pelatihan ini, lanjut Vivi, hasil panen yang diraih sangat baik. Ada peningkatan sekitar 20% hasil padi yang dihasilkan.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan pihaknya terus aktif memberikan dampak nyata bagi masyarakat dalam program-program community develompent. Di hilir, Sido Muncul sudah berpartisipasi terhadap 150 distributor di seluruh Indonesia dan membina berbagai usaha kecil sejak tahun 1974. Sementara, di hulu, sudah ada 130 tani yang dibina langsung oleh Sido Muncul.

"Di tahun selanjutnya, Sido Muncul akan terus berpartisipasi sebagai penerima penghargaan ini untuk bisa memberdayakan Community Development untuk dampak masyarakat yang lebih baik," tutup Irwan.

[ray]

Baca juga:
Cerita Preman Pasar Insaf, Kini Sukses Punya 700 Ha Tambak Udang Diresmikan Jokowi
Warga Depok Ini Berhasil Jadi Volunteer Piala Dunia di Qatar, Mimpinya Terwujud
Cerita Sukses Satu-Satunya Tukang Setrika Arang di Padang Bawa 3 Anak jadi Sarjana
Berawal dari Cleaning Service, Pria di Batang Ini Bisa Lanjut S-3 di Inggris

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini