Beri Arahan Pimpinan Polri-TNI, Wiranto Optimis Pemilu 2019 Aman

Selasa, 29 Januari 2019 13:43 Reporter : Merdeka
Beri Arahan Pimpinan Polri-TNI, Wiranto Optimis Pemilu 2019 Aman Wiranto. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto optimis Pemilu 2019 akan berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. Apalagi aparat Polri dan TNI telah memiliki pengalaman mengamankan Pilkada Serentak di beberapa daerah.

Selain itu, aparat keamanan juga telah membuat indeks kerawanan Pemilu sejak enam bulan sebelum penyelenggaraan.

"Semua sudah dipetakan, kemudian dari peta itu ada waktu 6 bulan untuk kita netralisir kerawanan itu," ujar Wiranto usai memberi arahan pada Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (29/1).

Dengan begitu, diharapkan sudah tidak ada lagi kerawanan berarti yang terjadi saat pelaksanaan Pemilu. "Itu sudah zero (kerawanan), itu kita harapkan. Walaupun kadang kala tidak mungkin, tetapi bisa kita tekan sehingga kemungkinan ancaman sangat kecil," tuturnya.

Bukan hanya aparat keamanan, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) juga sudah membuat indeks kerawanan Pemilu dari aspek penyelenggaraannya. Seperti soal daftar pemilih tetap (DPT) hingga persoalan logistik Pemilu yang belum beres.

"Jadi dua-duanya (indeks kerawanan dari Bawaslu dan Polri) setelah kita gabungkan, maka Insya Allah Pemilu 2019 ini juga aman, tertib, lancar, dan sukses," kata Wiranto.

Kendati, partisipasi dari para pimpinan parpol dan masyarakat juga sangat diperlukan dalam menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini. "Karena sejauh apapun para petugas, pemangku kepentingan ini berusaha, tatkala di sana sendiri tidak mau, gimana?."

Karena itu, mantan Panglima ABRI itu meminta seluruh elite parpol dan masyarakat memanfaatkan momentum Pemilu 2019 ini sebagai ajang berdemokrasi yang baik.

"Bukan sebagai ajang konflik, bukan sebagai suatu kesempatan untuk saling membenci, menjelekkan, menista, bukan. Tapi saling berkompetisi untuk menghasilkan pemimpin yang berkualitas ke depan," ucap Wiranto.

Reporter: Nafiysul Qodar
Sumber: Liputan6.com [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Wiranto
  2. Pemilu 2019
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini