Berharap Segera Pulih, Tempat Wisata Bali Konsisten Terapkan Protokol Kesehatan

Minggu, 8 November 2020 18:00 Reporter : Yunita Amalia
Berharap Segera Pulih, Tempat Wisata Bali Konsisten Terapkan Protokol Kesehatan Taman Ayun Badung Bali. ©2020 Merdeka.com/Yunita Amalia

Merdeka.com - Bali menjadi provinsi Indonesia yang terdampak cukup parah dari pandemi Covid-19. Selama hampir 8 bulan pandemi berlangsung di Indonesia wisatawan yang melancong ke Bali menurun drastis.

Kendati demikian, geliat wisata di pulau Dewata itu mulai bergerak perlahan. Pengelola wisata secara ketat mewajibkan pengunjung mengenakan masker. Seperti di Taman Ayun, Badung.

Pengelola Taman Ayun menjelaskan jumlah rata-rata pengunjung sebelum terjadi pandemi berkisar 1.000 orang per hari. Kemudian, pengunjung terus menurun drastis saat penerbangan domestik ataupun internasional terdampak akibat penyebaran Covid-19.

Saat merdeka.com berkesempatan mengunjungi Taman Ayun pukul 15.00 WITA, tercatat baru 30 pengunjung yang mendatangi tujuan wisata pura tersebut.

Sebelum memasuki gerbang masuk, petugas mengarahkan pengunjung terlebih dahulu mencuci tangan di wastafel yang tersedia di sisi kanan gerbang. Disediakan 2 wastafel di sana.

Setelah itu, petugas mengukur suhu tubuh dan memastikan pengunjung memakai masker dengan tepat. Menutup hidung dan mulut.

Terlihat petugas kerap mengingatkan pengunjung yang datang berkelompok agar tetap menjaga jarak fisik selama menjelajah area pura.

"Jadi kami memastikan agar protokol kesehatan di sini dan tempat-tempat wisata Bali tetap terlaksana," ujar Gede, petugas yang berjaga, Minggu (8/11).

"Semoga kondisi segera normal kembali dan kami tetap konsisten mengingatkan pengunjung agar tetap memakai masker selama di area wisata, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah berwisata," jelasnya.

Selain Taman Ayun, objek wisata Bali seperti Tanah Lot juga menerapkan protokol kesehatan dengan menyediakan fasilitas cuci tangan di setiap sudut. Para pengunjung yang hadir juga terpantau mengenakan masker.

"Kami siap tetap menerapkan protokol kesehatan, pengunjung tetap wajib mengenakan masker," ujar pramusaji yang bertugas. [did]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini