Berbekal 2 Pinset, Pencuri di Panongan Congkel Mesin ATM Gasak Rp 3 Juta

Sabtu, 19 Januari 2019 12:03 Reporter : Kirom
Berbekal 2 Pinset, Pencuri di Panongan Congkel Mesin ATM Gasak Rp 3 Juta Ilustrasi borgol. ©2014 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Polsek Panongan, berhasil mengungkap kasus bobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), dengan modus yang tidak biasa. Dari pelaku Polisi menyita uang pecahan Rp 100.000 sebanyak 30 lembar sebagai barang bukti.

Kapolsek Panongan AKP Trisno Tahan Uji menerangkan, bobol uang dalam mesin ATM dengan modus ini adalah yang pertama. Dengan tiga orang pelaku yang merupakan warga Tanggamus, Lampung.

"Yang berhasil kami amankan dua pelaku DS(23), dan IR (25) dan satu pelaku lainnya REP berhasil kabur, saat kami lakukan penangkapan," ujar Trisno, Sabtu (19/1).

Dari pelaku Polisi menyita 30 lembar uang pecahan Rp 100.000, 2 pinset (alat pencabut jenggot) dua handphone dan sepeda motor Honda Beat B 6930 GIE warna hijau putih yang digunakan pelaku.

Diterangkan Kapolsek, modus tak biasa dalam bobol ATM yang dilakukan para tersangka ini, terbilang baru. Karena pelaku menjalankan prosedur semestinya dalam pengambilan uang pada mesin ATM.

"Pelaku ini memasukan kartu ATM miliknya ke dalam mesin ATM, selayaknya seperti mengambil uang di mesin ATM," kata Kapolsek Trisno.

Hal-hal biasa seperti memasukan kartu ATM ke mesin, memasukan pin kartu ATM dan memilih menu penarikan dan memilih jumlah uang yang akan diambil. Setelah dipilih, lanjut Kapolsek, kemudian mesin secara otomatis akan mengeluarkan uang sesuai jumlah yang dipilih.

"Dan pada saat uang akan keluar dari mesin ATM dan pintu uang terbuka, secara bersamaan pelaku mematikan aliran listrik mesin ATM dan langsung mencongkel lubang tempat uang keluar," kata Kapolsek.

Diterangkan Kapolsek, pada peristiwa penangkapan terhadap dua pelaku ini, Polisi Polsek Panongan pada Kamis (17/1) kemarin sedang patroli di wilayah Citra Raya, di kawasan Ruko Rembran terlihat ada 3 orang dengan gerak-gerik mencurigakan keluar dari Indomaret.

"Karena merasa curiga anggota langsung melakukan penangkapan dan pada saat itu 3 orang tersebut melakukan perlawanan kemudian salah satu berhasil melarikan diri, setelah berhasil menangkap 2 orang tersebut," terang Trsino.

Setelah dilakukan penggeledahan ditemukan uang sebesar 3 juta di dalam kantong celana salah satu orang tersebut, dan pada saat di interograsi kedua orang tersebut mengakui bahwa uang tersebut hasil curian dari dalam mesin ATM bank BRI yang berada di dalam Indomaret.

"Kemudian kedua palaku beserta barang bukti langsung diamankan ke polsek panongan guna proses lebih lanjut," terang Kapolsek.

Akibat perbuatan para pelaku asal Tanggamus, Lampung ini disangkakan pasal 363 KUHpidana tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman penjara maksimal 7 tahun. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pembobolan ATM
  3. Pembobol ATM
  4. Tangerang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini