Berbagi Pengalaman ke Projo, Jokowi Sebut di AS Sulit Cari Susu Bayi

Sabtu, 21 Mei 2022 13:28 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Berbagi Pengalaman ke Projo, Jokowi Sebut di AS Sulit Cari Susu Bayi Presiden Jokowi Bertemu Elon Musk, Bahas Kerja Sama Tesla dan SpaceX. ©2022 Merdeka.com/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, bahwa negara Amerika Serikat (AS) kesulitan mencari susu bayi. Hal ini merupakan kondisi global yang penuh ketidakpastian dari imbas perang Rusia-Ukraina.

"Bahkan waktu saya ke Amerika kemarin dua hari lalu yang namanya susu bayi enggak ada barangnya, ini Amerika loh sampai kehilangan kehabisan barang seperti itu," kata Jokowi saat membuka Rakernas V Projo di Jawa Tengah, Sabtu (21/5).

Jokowi mengungkapkan, setelah dihantam dua tahun pandemi muncul persoalan perang Rusia-Ukraina. Dampak dari perang itu tidak bisa diremehkan.

"Harus saya sampaikan apa adanya semua negara sekarang ini tidak mudah, negara kita juga sama tidak gampang menghadapi persoalan ini," ujar dia.

"Pemulihan ekonomi yang sudah kita hitung-hitung akan muncul tahun ini ditimpa oleh perang Rusia-Ukraina jangan dianggap ini dianggap hal biasa," jelas Jokowi.

Menurutnya, tidak mudah mengelola masalah negara dampak dari perang itu. Imbasnya berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi dan harga-harga yang naik.

Kemudian, dua masalah utama yang paling disorot adalah energi dan pangan. Gas, BBM, dan listrik mengalami kenaikan, begitu juga harga jagung di Eropa.

"Semua negara ini yang namanya jagung di Eropa, Amerika naiknya sudah lebih dari 30 persen," ungkapnya.

"Begitu juga namanya bensin, hati hati kita ini masih bertahan agar yang namanya pertalite tidak naik," ujar Jokowi. [rhm]

Baca juga:
Presiden Jokowi di Rakernas Projo: Sudah 3 Tahun Kita Tidak Impor Beras
Presiden Jokowi Pastikan Harga Minyak Goreng Curah Segera Menginjak Rp14.000
Pencabutan Larangan Ekspor CPO oleh Jokowi Disambut Gembira Petani Sawit
Di Hadapan Jokowi, Bupati Jayapura Minta Kepastian Hukum Ruang Kelola Lahan Hak Adat
Geruduk DPR, Massa PPMI Demo Tuntut Jokowi Mundur
Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua di Istana Bogor, Bahas Penerapan Otonomi Khusus
Demo di Gladag Solo, Massa Tuntut Jokowi Turun

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini