Beragam cerita hari pertama masuk sekolah, dari unik sampai mencekam

Selasa, 19 Juli 2016 06:03 Reporter : Wisnoe Moerti
Beragam cerita hari pertama masuk sekolah, dari unik sampai mencekam Hari pertama sekolah. ©2016 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Pagi-pagi benar Umi Qoidah mengantar putrinya Tiara Galung Wahyuningsih memasuki gerbang Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 8 yang terletak di Jalan KH Mas Mansyur, Kota Malang, Senin (18/7). Dia sengaja meminta izin dari tempatnya bekerja untuk mengantar putrinya masuk sekolah di hari pertama.

Kedatangan Umi mendapatkan sambutan hangat dari pihak sekolah. Para guru sudah berjajar menyambut kedatangannya dan putrinya. Dengan mengantar anaknya sekolah di hari pertama tahun ajaran baru, Umi berkenalan dengan guru dan kepala sekolah. Dia juga mendengar langsung pesan dari pihak sekolah agar anak-anak tidak berkelahi, tidak mem-bully teman-temannya, patuh kepada orang tua dan lain-lain.

"Tadi banyak yang disampaikan, intinya orang tua juga harus mendukung dan ambil peran selama proses pendidikan," katanya.

Tidak hanya Umi, sejumlah orangtua di berbagai daerah di Indonesia juga ikut gerakan mengantar anak di hari pertama sekolah. Gerakan ini sesuai dengan isi Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah. Di SD Muhammadiyah 8 Kota Malang, orangtua diminta mendampingi anak-anaknya belajar.

Para orang tua wali murid diminta duduk di bagian belakang anak-anak yang tengah mengikuti proses belajar. Khusus hari pertama, anak-anak mengikuti proses belajar dengan didampingi orang tua. Belajar dilakukan di aula dengan tujuan untuk memberi motivasi anak-anak sekaligus membangun komunikasi dengan para orang tua.

"Kami memiliki tradisi ini sekaligus mengikuti imbauan Menteri Pendidikan. Tidak hanya mengantarkan, tetapi mendampingi proses pendidikan di hari pertama," kata Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 8, Nashirudin.

Masih banyak cerita di balik gerakan mengantar anak sekolah yang terjadi di berbagai daerah. Ada kisah haru, menggelitik, unik dan lainnya. Merdeka.com merangkumnya, berikut beberapa cerita dari sejumlah daerah.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini