Bendera Pusaka dikirab dari Monas ke Istana Merdeka

Rabu, 17 Agustus 2016 09:00 Reporter : Rizky Andwika
Bendera Pusaka dikirab dari Monas ke Istana Merdeka Pengukuhan 67 anggota Paskibraka 2016. ©2016 merdeka.com/rizky erzi andwika

Merdeka.com - Arak-arakan perayaan HUT RI ke-71 dari Tugu Monas sudah memasuki Istana Merdeka, Jakarta. Arak-arakan Kereta Kencana yang membawa Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi tersebut memasuki halaman Istana Merdeka, Jakarta sekitar pukul 08.42 Wib.

Parade Kereta Kencana Bendera Pusaka dan membawa Teks Proklamasi yang diiringi oleh marching band tersebut langsung disambut meriah oleh undangan yang hadir.

Setelah tiba, Bendera Pusaka lalu diturunkan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari Kereta Kencana dan ditaruh di tempat yang telah disediakan. Setelah Bendera Pusaka, giliran Teks Proklamasi yang ditaruh di tempat yang telah disediakan.

Setelah itu, nantinya barulah Pengibaran Bendera Pusaka akan dilakukan. Momen parade Bendera Pusaka dari Monas ini merupakan pertama kali dilakukan sepanjang sejarah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berniat menampilkan upacara yang berbeda pada perayaan Kemerdekaan ke-71 pada 17 Agustus nanti. Sebelum dikibarkan, bendera akan diarak dari Tugu Monas sampai ke tiang bendera yang ada di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

"Bendera Pusaka akan diarak dari Monas. Sebab, bendera itu adalah simbol negara yang kita sakralkan, jadi memang bendera negara itu mestinya disimpan di Monas seperti dulu. Akan kami arak dari Monas sampai ke Istana Merdeka. Itu salah satu yang baru," kata Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (11/8).

Darmansjah menjelaskan selain akan mengarak Bendera Pusaka dari Monas, hal berbeda lainnya dari upacara peringatan hari kemerdekaan tahun ini juga telah ditetapkan akan mengundang sejumlah sosok yang dianggap memberikan inspirasi. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. HUT RI
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini