Belum jelas kapan DPR bahas calon Kapolri Komjen Badrodin Haiti

Senin, 30 Maret 2015 12:41 Reporter : Rizky Andwika
Belum jelas kapan DPR bahas calon Kapolri Komjen Badrodin Haiti Sertijab Kapolda dan Kadiv Humas Polri. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Langkah Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti untuk menjadi Kapolri harus melalui beberapa tahap di DPR. Pertama, pimpinan DPR harus melakukan rapat membahas surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) perihal penunjukannya menggantikan Komjen Pol Budi Gunawan.

Setelah pimpinan DPR menggelar rapat, hasil rapat tersebut akan dibawa ke badan Musyawarah (Bamus), dan terakhir akan dibawa ke rapat paripurna. Namun, sampai hari ini belum ada kepastian kapan pimpinan DPR akan menggelar rapat, sehingga banyak yang menduga hal ini untuk mengulur langkah Badrodin menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara.

Beredar kabar pimpinan DPR akan menggelar rapat tersebut hari ini. Namun, pimpinan DPR belum tampak hadir. Wakil Ketua Fraksi Nasdem Johnny G Plate mengatakan fraksinya sudah siap jika surat penunjukan Badrodin Haiti dibahas di Bamus hari ini.

"Yang pasti fraksi Nasdem stand by sejak pagi di DPR apabila hari ini dilaksanakan bamus. Karena ada banyak sekali agenda di DPR di antaranya masalah Kapolri, penundaan akan berdampak pada Kantibmas keseluruhan. Karena Polri belum punya pimpinan," kata Johnny di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/3).

Walaupun telah mendengar rapat Bamus akan digelar hari ini, Johny mengaku belum mendapatkan undangan. Namun ia enggan beranggapan jika pimpinan DPR terkesan melakukan penundaan.

"Saya belum tahu agenda pimpinan DPR RI. Saya datang karena sadar ada banyak agenda di Bamus. Saya sadar pimpinan tahu. Apa saja yang akan dilakukan pimpinan DPR. Saya rasa pimpinan harus segera melakukan tindakan," katanya.

Ditemui terpisah, Wakil Ketua Komisi III Trimedya Pandjaitan mengaku pihaknya juga belum mendapatkan surat undangan dari Bamus.

"Kita akan tunggu mekanisme di DPR dulu. Karena sampai hari ini saya cek komisi III belum ada surat dari Bamus," katanya.

Sementara itu, ketika ditanya bagaimana sikap partainya perihal Badrodin Haiti sebagai Kapolri, ia mengatakan akan terlebih dahulu menunggu penjelasan dari pemerintah yang dalam hal ini diwakili oleh Menko Polhukam dan Menkum HAM.

"Tergantung kita liat dulu penjelasannya. Kan saya liat nanti Menkumham dan Menko Polhukam yang akan jelaskan. Kita lihat saja nanti," ucapnya. [ren]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini