Belum Ditemukan Penularan Transmisi Lokal Covid-19, DIY Belum Akan Ajukan PSBB

Selasa, 14 April 2020 22:18 Reporter : Purnomo Edi
Belum Ditemukan Penularan Transmisi Lokal Covid-19, DIY Belum Akan Ajukan PSBB Sri Sultan Hamengku Buwono X kunjungi parkiran Abu Bakar Ali. ©2016 merdeka.com/kresna

Merdeka.com - Gubernur DIY, Sri Sultan HB X memastikan wilayah yang dipimpinnya belum akan mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke Menteri Kesehatan. Sultan HB X menilai kasus virus Corona di DIY belum memenuhi syarat untuk mengajukan PSBB.

Sultan HB X menjelaskan jika persyaratan tidak dipenuhi maka kemungkinan besar pengajuan PSBB akan ditolak. Sultan HB X menilai jika saat ini DIY belum waktunya untuk mengajukan PSBB.

"(DIY) Belum memenuhi syarat. Kalau kaya daerah lain (mengajukan belum memenuhi syarat) enggak diterima. Syaratnya harus ada yang positif dan sebagainya periodesasinya terus tinggi. Kalau belum, bisa ditolak," ujar Sultan HB X di DPRD DIY, Selasa (14/4).

Raja Keraton Yogyakarta ini memaparkan bahwa salah satu syarat dari pengajuan PSBB adalah terjadinya penularan dalam kategori transmisi lokal. Di DIY menurut Sultan HB X belum ditemukan adanya penularan transmisi lokal.

Sultan HB X memaparkan untuk wilayah DIY belum mengalami kenaikan pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) dalam jumlah yang signifikan setiap harinya. Sehingga Sultan HB X menilai kalaupun mengajukan PSBB, Menteri Kesehatan belum tentu akan menyetujuinya.

"PSBB ada persyaratan untuk dinyatakan PSBB. Nah itu harus ada penularan antarlokal (transmisi lokal) yang makin masif. Antara ODP sama PDP itu ada kenaikan signifikan dalam hari per hari terjadi lompatan," ucap Sultan HB X.

"Kita kan enggak terjadi seperti itu. Berarti apa, kalau kita ajukan belum karuan (belum pasti) disetujui pusat. Dianggap belum memenuhi persyaratan untuk dinyatakan PSBB," tegas Sultan HB X. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini