Begini Situasi Pintu Belakang Gedung DPR Jelang Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Minggu, 20 Oktober 2019 08:35 Reporter : Sania Mashabi
Begini Situasi Pintu Belakang Gedung DPR Jelang Pelantikan Jokowi-Ma'ruf pengamanan kawasan sekitar DPR. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin akan dilantik menjadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Pelantikan itu rencananya akan dilakukan di Gedung DPR/MPR/DPD, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

Meski acara baru akan dimulai pukul 14.30 Wib, tetapi pengamanan mendekati Kompleks Parlemen sudah di perketat. Pantauan merdeka.com, bagi para pengendara mobil atau motor sudah tidak bisa lagi melintas ke arah pintu belakang Kompleks Parlemen melalui arah Stasiun Palmerah ataupun dari jalur dekat Hotel Mulia, Senayan.

Pasalnya, jalur tersebut sudah ditutup dengan barrier. Dua jalur itu sudah dijaga ketat oleh Polisi. Beberapa mobil Baracuda juga tampak siap siaga.

Sedangkan di kawasan dalam Kompleks Parlemen Polisi tetap berjaga. Anjing pelacak juga ikut mengamankan Kompleks Parlemen.

Pelantikan presiden-wakil presiden tinggal menghitung jam. Segala persiapan terus dimatangkan guna memastikan hajat nasional lima tahunan berjalan lancar.

Kompleks parlemen berbenah. Gedung Nusantara berbentuk cangkang kura-kura terus dihias segala macam ornamen. Gedung ini pula yang akan menjadi tempat Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mengucapkan sumpah sebagai pemimpin negara.

Sekretaris Jenderal MPR, Ma'ruf Cahyono mengatakan persiapan jelang pelantikan sudah mencapai 100 persen. Penataan duduk para tamu undangan telah diatur secara proporsional, mempertimbangkan kapasitas gedung.

©2019 Merdeka.com

Ia mengatakan, pada acara pelantikan pada Minggu (20/10) nanti pihaknya akan mengundang 1.100 orang. Termasuk, para petinggi dari luar negeri.

"Saya kira ada sekitar 1.100-an lah, sesuai kapasitas yang ada di dalam," ujar Ma'ruf Cahyono di kompleks parlemen, Jakarta, Sabtu (19/10). [rhm]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini