Begini Kondisi Pasien Suspect Virus Corona di RSPI Sulianti Saroso

Jumat, 24 Januari 2020 13:32 Reporter : Merdeka
Begini Kondisi Pasien Suspect Virus Corona di RSPI Sulianti Saroso Pemantauan Virus Corona. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, merawat seorang terduga pasien terjangkit virus corona sejak Rabu 22 Januari 2020 lalu.

Pokja Penyakit Infeksi Emerging RSPI Sulianti Saroso, Pompini Agustina menyampaikan, pasien merupakan warga negara Indonesia yang baru saja melakukan perjalanan dari China.

"Masuk RS sudah demam di atas 38 derajat, radang tenggorokan, dan flu batuk," tutur Pompini di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Jumat (24/1).

Direktur Medik dan Perawatan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Diany Kusumawardhani menambahkan, kondisi tersebut memang bagian dari gejala penderita virus corona.

"Jadi memang yang harus mendapat perhatian khusus kalau mengalami gejala-gejala sesuai dengan itu, biasanya ada demam, batuk, dan sesak nafas, kemudian ada riwayat perjalanan dari China," jelas Diany.

1 dari 1 halaman

Menurut Diany, pihaknya telah mengambil sampel dahak dan cairan dalam hidung pasien untuk diuji laboratorium. Hasilnya akan keluar sekitar dua hingga tiga hari ke depan.

"Sampai saat ini belum bisa dipastikan cara penularan seperti apa, maka sebaiknya mendapatkan perawatan terisolasi. Tapi tentunya tergantung dengan kondisi penderita itu," Diany menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra [ray]

Baca juga:
Perketat Pengawasan, Bos AP II Pastikan Virus Corona Belum Masuk Indonesia
Kasus Virus Corona di China Meningkat, Dua Kasus Ditemukan di Vietnam
Satu Orang Diduga Terjangkit Virus Corona Dirawat di RSPI Sulianti Saroso Jakut
Ini Pasar Ikan di Wuhan yang Jadi Awal Mula Penyebaran Virus Corona
Positif, Singapura Mulai Terjangkit Virus Corona dari Wuhan

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini