Begal di Musi Rawas Utara Nyaris Tewas Dihakimi Massa

Selasa, 29 September 2020 11:48 Reporter : Irwanto
Begal di Musi Rawas Utara Nyaris Tewas Dihakimi Massa begal di Musi Rawas Utara ditangkap warga. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Rudi Hartono (25), warga Desa Binakarya, Kecamatan Karang Dapo, Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, nyaris tewas dihajar massa karena tepergok melakukan begal terhadap pemotor. Tiga rekannya berhasil kabur dan menjadi buronan polisi.

Peristiwa itu bermula saat korban Yolif Widaryoto (31) berboncengan sepeda motor dengan anak dan istrinya melintas tak jauh dari kampungnya di Desa Marga Baru, Kecamatan Muara Lakitan, Musi Rawas, Minggu (26/9) malam. Tiba-tiba mereka diadang empat pelaku membawa parang dan langsung mengambil tas korban.

Korban berteriak sehingga mengundang perhatian warga. Massa kemudian berkumpul dan mengejar para pelaku. Rudi Hartono berhasil ditangkap dan menjadi bulan-bulanan warga. Beruntung, petugas kepolisian cepat datang ke TKP mengamankan pelaku. Sementara tiga rekannya melarikan diri.

Kapolsek Muara Lakitan Iptu Romi mengungkapkan, kondisi tersangka sudah membaik setelah sempat mendapatkan perawatan di puskesmas. Warga dibuat emosi karena aksi mereka meresahkan banyak orang.

"Satu dari tiga begal ditangkap warga saat beraksi. Tapi cepat kami selamatkan saat dimassa," ungkap Romi, Selasa (29/9).

Dia menjelaskan, dua dari tiga buronan merupakan warga sekampung dengan korban, yakni berinisial DD (40) dan IR (35). Satu pelaku lain PB (25), tinggal tak jauh dari desa Rudi Hartono di Musi Rawas Utara.

"Mereka masih dikejar dan secepatnya ditangkap karena identitas sudah kami kantongi," kata dia.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan yang dapat diancam tujuh tahun penjara. Barang bukti disita selembar pakaian terdamgka saat beraksi.

"Kami sedang dalami keterlibatan komplotan ini dalam kasus-kasus begal lain," ucapnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Begal Motor
  3. Rupit Musi Rawas Utara
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini