Bea Cukai Solo Musnahkan 258 Seks Toys dan 1 Juta Batang Rokok

Kamis, 1 Oktober 2020 12:54 Reporter : Arie Sunaryo
Bea Cukai Solo Musnahkan 258 Seks Toys dan 1 Juta Batang Rokok Bea Cukai Solo musnahkan miras hingga mainan seks. ©2020 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Bea Cukai Surakarta pada hari ini memusnahkaan 258 seks toys dan 1 juta batang rokok, minuman keras dan sejumlah barang sitaan lainnya di halaman belakang kantor tersebut, Kamis, (1/10). Barang Milik Negara (BMN) tersebut merupakan hasil tegahan yang dilakukan selama tahun 2019 hingga 2020.

Kepala Bea Cukai Surakarta, Budi Santosa mengatakan, barang-barang tersebut berupa barang kena cukai hasil tembakau dan Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) atau miras, serta terhadap barang impor melalui Kantor Pos Lalu Bea Solo dan Bandara Adi Soemarmo.

Pemusnahan telah mendapatkan izin dari Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta.

“Total nilai barang yang kita musnahkan ini kira-kira Rp1,2 miliar. Cukai yang harus dibayar Rp600 juta, itu belum termasuk biaya lainnya,” ujar Budi Santosa, dalam sambutannya.

Kegiatan pemusnahan juga turut mengundang beberapa instansi seperti Direktorat PKNSI, Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Tengah dan DIY, Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Tengah dan DIY, Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jateng II, Pemerintah Daerah Karanganyar, Kejaksaan Negeri Karanganyar, Kepolisian, Kantor Pos Solo, PT. Angkasa Pura I, Satpol PP dan juga OPS Rokok Kretek Surakarta.

Menurutnya, instansi-instansi tersebut adalah instansi yang sering bersinergi dengan Bea Cukai Surakarta seperti Kepolisian, Kejaksaan, Satpol PP, Kantor Pos, dan pihak Bandara. Instansi tersebut turut melakukan operasi dan penindakan secara bersama-sama, hingga kasus tersebut diserahkan kepada yang berwajib, dan akhirnya dimusnahkan.

“Barang-barang yang dimusnahkan hari ini sebagian besar adalah Barang Kena Cukai (BKC) hasil tembakau (rokok) ilegal sejumlah lebih dari 1 juta batang, miras ilegal, cairan vape (HPTL EET) yang tidak dilekati pita cukai, benih tanaman. sex toys, obat, kondom, makanan, pakaian, anak panah, part senjata dan personal effect,” jelasnya.

Baca Selanjutnya: Proses pemusnahan barang-barang tersebut dilakukan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini