Bayi dari Ibu Hamil yang Ditandu Menuju Puskesmas di Lebak Meninggal

Rabu, 4 September 2019 12:23 Reporter : Dwi Prasetya
Bayi dari Ibu Hamil yang Ditandu Menuju Puskesmas di Lebak Meninggal Wanita Hamil Ditandu ke Rumah Sakit. ©2019 Istimewa

Merdeka.com - Bayi yang dikandung seorang ibu bernama Kenti (38) warga Kampung Naga Hurip, Desa Mekarjaya, Panggarangan, Lebak meninggal dunia saat menuju Puskesmas. Ibu tersebut sempat ditandu ke puskesmas lantaran jalanan desa rusak.

"Bayi meninggal di dalam kandungan. Berdasarkan informasi meninggal di jalan karena begitu sampai Puskesmas sudah meninggal," kata Jumroni tetangga korban saat dikonfirmasi, Rabu (4/9).

Jumroni menjelaskan, kejadian itu terjadi pada Minggu (1/9) lalu. Karena jalan rusak dan mobil ambulans tidak bisa masuk ke kampung tersebut, Kenti terpaksa harus ditandu untuk melahirkan. Nahas, sesampainya di Puskesmas Panggarangan, bayi Kenti telah meninggal.

"Jarak tempuh Ke Puskesmas 16 kilometer, kalau ditandu 7 kilometer sampai jalan yang bisa akses kendaraan roda empat," ujarnya.

Dia menyebut, kejadian ini bukan pertama kali. Warga sakit atau ingin melahirkan di desa tersebut terpaksa harus ditandu karena jalan rusak.

"Kalau ditandu setiap orang yang mau dirawat atau melahirkan pasti pulang pergi ditandu karena akses jalan tidak bisa roda empat. Ada sekitar 5 kampung yang tidak bisa dilewati mobil," katanya.

Sementara itu, perekam video ibu ditandu, Dani Agustian mengatakan bayi meninggal dalam kandungan saat tiba di puskesmas.

"Si bayinya meninggal di puskesmas. Di tandu itu lewatin dua RW atau sekitar 7 kiloan. Dan jalan tidak ada akses untuk roda 4," ujar Dani yang juga kerabat korban.

Sebelumnya video Kenti ditandu viral di media sosial. Dalam video berdurasi 43 detik itu, Kenti ditandu menggunakan bambu dan kursi oleh warga melintasi jalan yang rusak. Video ini diunggah oleh akun pribadi ERot Rohman minggu, (1/9). [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini