Bawaslu Sebut Bupati Paluta Akui Siapkan 'Amplop' untuk Menangkan Istri

Selasa, 16 April 2019 16:18 Reporter : Yan Muhardiansyah
Bawaslu Sebut Bupati Paluta Akui Siapkan 'Amplop' untuk Menangkan Istri ilustrasi amplop. © pearsonsprogress.com

Merdeka.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumut, selesai melakukan klarifikasi terhadap para terduga kasus dugaan politik uang yang melibatkan Wakil Bupati Paluta, Hariro Harahap. Ketua DPC Partai Gerindra Paluta itu bersama 13 orang lainnya segera dilimpahkan ke penyidik.

"Sudah selesai diklarifikasi di Bawaslu Paluta. Semua terduga pelaku sebanyak 14 orang sudah kita klarifikasi semua," kata Ketua Bawaslu Paluta Panggabean Hasibuan, Selasa (16/4).

Dari klarifikasi itu, Panggabean menyatakan, unsur pelanggaran pidana Pemilu dalam hal ini politik uang telah terpenuhi. "Saat kita klarifikasi, terduga Pak HH (Hariro Harahap) juga mengakui perbuatannya itu," jelasnya.

Pihak Bawaslu Paluta masih melakukan pembahasan kedua di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Mereka menyusun surat rekomendasi yang akan diserahkan ke penyidik Kepolisian. Dokumen itu rencananya diserahkan petang nanti.

"Kita jadwalkan hari ini juga akan kita limpahkan berkas rekomendasinya ke penyidik Kepolisian," jelas Panggabean.

Seperti diberitakan, Hariro bersama 13 orang lainnya diamankan Satgas Money Politics Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) di Paluta, Senin (15/4) dinihari sekitar pukul 02.10 WIB. Dari tangan mereka diamankan 205 amplop berisi uang tunai dengan nilai antara Rp 150.000, Rp 200.000, hingga Rp 300.000. Uang itu diduga digunakan untuk memenangkan salah seorang caleg DPRD Paluta dari Partai Gerindra, MS, yang merupakan istri dari Hariro.

Polisi menyatakan jumlah uang yang sudah disebar untuk pemenangan MS diperkirakan lebih dari Rp 500 juta. Angka ini didasarkan pada kuitansi penerimaan 2.582 amplop yang sudah tersebar tim sukses. Masing-masing amplop berisi uang berkisar Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini