Batal jadi cawagub Ahok, Heru daftar kepala sekretariat kepresidenan

Senin, 17 Juli 2017 16:34 Reporter : Rizky Andwika
Heru Budi Hartono. ©beritajakarta.com

Merdeka.com - Jelang berakhirnya era kepemimpinan Ahok- Djarot di DKI Jakarta, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono dikabarkan mendaftar sebagai Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres).

"Dia (salah satu) masuk yang lolos di Pansel," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/7).

Pratikno menjelaskan, Panitia Seleksi diketuai oleh Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Eko Prasojo. Kualifikasi yang dimilikinya membuat Heru lolos penilaian sebagai kandidat Kepala Sekretariat Presiden.

"(Heru) dia untuk posisi Kasetpres," ujarnya.

Selain mencari posisi Kasetpres, Pratikno melanjutkan, Pansel juga mencari sosok untuk mengisi jabatan lain di lingkungan Istana. Semisal Deputi Protokol, Biro pers dan media dan Staf Ahli. Selain mencari untuk jabatan di lingkungan Istana, Presiden Joko Widodo saat ini tengah melakukan rapat Tim Penilai Akhir (TPA) untuk mencari jabatan eselon I di Kementerian lain, seperti Kementerian Pertahanan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian ESDM.

Posisi Kasetpres saat ini dijabat oleh Pelaksana Tugas, usai Kasetpres sebelumnya Darmansjah Djumala ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar RI untuk Austria yang berkedudukan di Wina.

Nama Heru pernah ramai diperbicangkan lantaran Basuki Tjahaja Purnama ingin meminangnya sebagai bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta lewat jalur independen. Namun, usai Basuki memutuskan maju melalui jalur partai politik, Heru batal mendampingi Basuki. Akhirnya Basuki memilih berpasangan dengan Djarot Saiful Hidayat. Heru dinilai dekat dengan Basuki mau pun dengan Joko Widodo saat Presiden masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Heru Budi Hartono
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.