Batal Berangkat Sebab Pandemi, Belum Ada Jemaah Tarik Setoran Haji di Aceh

Kamis, 10 Juni 2021 14:04 Reporter : Alfath Asmunda
Batal Berangkat Sebab Pandemi, Belum Ada Jemaah Tarik Setoran Haji di Aceh Ibadah Umrah di Masjidil Haram. ©2021 Saudi Press Agency/Handout via REUTERS

Merdeka.com - Usai pemerintah mengumumkan pembatalan penyelenggaraan haji yang kedua kalinya sejak tahun 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh menyebut belum menerima laporan tentang adanya penarikan kembali setoran dana oleh calon jemaah haji.

"Untuk saat ini, kita belum menerima laporan calon jemaah haji yang menarik uangnya atau membatalkan porsinya," kata Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Iqbal di Banda Aceh, Kamis (10/6).

Iqbal menyebut, seluruh uang calon jemaah haji Aceh dipastikan aman. Dia meminta warga jangan memercayai isu-isu yang berkembang di luar, soal dana haji digunakan untuk membiayai proyek pemerintah.

Dia menjelaskan, jika calon jemaah haji hendak menarik uangnya kembali, bisa dilakukan kapan saja dengan mendatangi Kanwil Kemenag kabupaten/kota dan mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan.

Kanwil Kemenag Aceh, tuturnya, akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat setelah pengumuman pembatalan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021.

"Supaya tidak menimbulkan pertanyaan di masyarakat Aceh terkait haji yang menimbulkan disinformasi," ujarnya.

Iqbal mengimbau masyarakat bersabar atas cobaan yang sedang menimpa Indonesia, dalam hal ini musibah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

"Kepada masyarakat harus bersabar dan terus berdoa semoga Allah angkat musibah covid ini sehingga semuanya bisa normal kembali termasuk haji," imbuhnya. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Haji
  3. Aceh
  4. Haji 2021
  5. Banda Aceh
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini