Baru Sentuh 2,1 Juta Warga, Plt Gubernur Sulsel Minta Percepat Vaksinasi Covid

Minggu, 19 September 2021 18:01 Reporter : Ihwan Fajar
Baru Sentuh 2,1 Juta Warga, Plt Gubernur Sulsel Minta Percepat Vaksinasi Covid Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat Irup Proklamasi Indonesia. ©2021 Merdeka.com/Fajar Ihwan

Merdeka.com - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman terus mendorong percepatan program vaksinasi. Diketahui sampai saat ini baru 2,1 juta atau 30,14 persen warga Sulsel sudah disuntik vaksin dosis pertama.

Andi Sudirman mengatakan berdasarkan data Dinas Kesehatan Sulsel, cakupan vaksinasi dosis pertama mencapai 2,1 juta lebih orang atau sekitar 30,14 persen dari total target 7.058.141 orang. Sementara untuk vaksinasi dosis dua, cakupan di Sulsel telah mencapai 17,16 persen atau sebanyak 1.211.435 orang.

"Alhamdulillah, per tanggal 18 September 2021, cakupan vaksinasi di Sulsel dari target 7.058.141 orang telah mencapai sekitar 2.127.376 orang lebih atau sekitar 30,14 persen, untuk vaksinasi dosis satu," ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Minggu (19/9).

Pemprov Sulsel bersama jajaran Forkopimda dan swasta memasifkan program vaksinasi dengan menghadirkan gerai-gerai vaksin dan mobile vaksinator, sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan fasilitas vaksin.

"Kami bersama TNI-Polri bersama pihak swasta terus mendorong percepatan vaksinasi. Sehingga terbentuknya herd immunity (kekebalan kelompok). Apalagi dengan vaksinasi, salah satu upaya untuk menekan penyebaran Covid-19," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi berharap agar setiap kelurahan menyediakan bilik atau ruangan vaksin khusus perempuan. Fatmawati mengaku bilik khusus tersebut demi menjaga keamanan bagi perempuan.

"Bilik ini dapat dibuat dengan memanfaatkan fasilitas yang ada apakah berupa ruangan khusus, atau memanfaatkan tirai pembatas sebagai sekat," tuturnya.

Fatma mengatakan program vaksinasi Pemerintah Kota Makassar menargetkan vaksinasi 100 RT per hari. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses menuju Herd Immunity di setiap kecamatan di Kota Makassar.

"Warga juga diharapkan dapat memacu dirinya untuk segera vaksin, sebab dengan vaksin bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh dan menstimulasi kekebalan dalam tubuh," ucapnya. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini