Baru Direnovasi, Atap Kecamatan Kaliwates Jember Jebol

Kamis, 22 Oktober 2020 09:45 Reporter : Muhammad Permana
Baru Direnovasi, Atap Kecamatan Kaliwates Jember Jebol atap kecamatan kaliwates jebol. ©2020 Merdeka.com/permana

Merdeka.com - Plafon teras kantor Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, tiba-tiba ambrol, Kamis (22/10) pagi. Diperkirakan atap tersebut jebol saat menjelang subuh.

"Cuma rusak sedikit kok, sekarang sudah dibersihkan. Ya kira-kira jam 3 pagi mungkin," tutur Asrah Joyo Widono, Camat Kaliwates saat dikonfirmasi merdeka.com pada Kamis (22/10) pagi.

Asrah membenarkan, bangunan tersebut baru selesai direnovasi pada akhir tahun lalu. Sesuai ketentuan, kontraktor yang membangun bangunan pemerintah, terikat masa jaminan perawatan bangunan selama setahun.

"Ya memang biasanya seperti itu, tapi ini cuma kerusakan kecil saja kok. Secara umum, kondisi bangunan baik, cuma ini (plafon) saja yang rusak," tegas Asrah.

Asrah mengakui, atap yang ambruk tersebut sudah terlihat goyang atau rapuh sejak beberapa hari yang lalu. Namun ia tidak tahu penyebab pasti ambruknya atap di bagian teras kantor kecamatan tersebut.

Hanya saja, pada malam sebelumnya terjadi hujan yang cukup deras di sekitar kantor kecamatan. "Entah penyebabnya apa, memang kemarin hujan deras. Mungkin karena ada kucing lewat ya," tutur pria yang sebelumnya berdinas di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember ini.

Kantor Kecamatan Kaliwates baru selesai direnovasi pada Desember 2019. Berdasarkan laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang ada di situs resmi Pemkab Jember, anggaran rehab untuk satu unit kantor itu mencapai Rp 1,533 Miliar.

Tender dilakukan di bawah tanggung jawab Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPRKPCK) Jember. Pemenang tender adalah CV Putri Kencana yang berasal dari Trenggalek.

Renovasi kantor kecamatan Kaliwates dilakukan bersamaan dengan rehab seluruh kantor kecamatan yang ada di Jember. Jumlahnya mencapai 31 unit kantor. Saat itu, proyek sudah sempat menjadi sorotan karena beberapa di antaranya ambruk ketika baru selesai dibangun.

Baca Selanjutnya: Deretan Bangunan Rusak...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ragam Konten
  3. Kasus Korupsi
  4. Jember
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini