Banyak prajurit masih sakiti rakyat, Panglima TNI minta maaf

Rabu, 5 Oktober 2016 10:26 Reporter : Juven Martua Sitompul
Banyak prajurit masih sakiti rakyat, Panglima TNI minta maaf Sertijab Danpaspampres. ©2016 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengakui masih adanya prajurit yang masih melakukan hal-hal di luar kepatutan yang merugikan bahkan sampai menyakiti masyarakat. Gatot mewakili nama TNI meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya selaku Panglima TNI menyadari ada prajurit TNI yang masih melaksanakan hal-hal di luar kepatutan merugikan bahkan menyakiti masyarakat," kata Gatot usai memimpin upacara peringatan HUT TNI ke-71 di Mabes TNI, Jakarta, Rabu (5/10).

"Untuk itu dengan kerendahan hati kepada seluruh masyarakat Indonesia saya sebagai Panglima TNI memohon maaf yang sebesar-besarnya," timpal dia.

Gatot berjanji memperbaiki sikap prajuritnya yang melakukan kegiatan di luar tupoksi termasuk bersikap arogan hingga menyakiti masyarakat. Dia mempersilakan masyarakat segera melaporkan bila mendapat perlakuan tidak baik dari prajurit TNI.

"Saya berjanji akan memperbaiki. Saya minta apabila ada prajurit-prajurit saya melakukan ini laporkan," tegasnya.

Jika nantinya proses hukum terhadap prajurit yang menyimpang berjalan, Gatot berharap semua pihak mau mengawasi pelaksanaan baik dari penyelidikan sampai kepada penyidikannya.

"Apabila sudah diproses penyelidikan dan penyidikan dan proses hukum awasi pelaksanaannya," kata Gatot.

"Saya komitmen saya lebih membela prajurit saya 400.000 lebih yang sudah berjuang mati-matian menjaga nama baik TNI daripada saya membela prajurit TNI yang tidak pantas," pungkas Gatot. [tyo]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini