Banyak Masjid di Kota Bekasi Sudah Dibuka untuk Salat Jumat

Jumat, 29 Mei 2020 17:25 Reporter : Adi Nugroho
Banyak Masjid di Kota Bekasi Sudah Dibuka untuk Salat Jumat Ilustrasi. ©Liputan6.com/Gholib

Merdeka.com - Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, sekitar 90 persen masjid yang berada di 50 kelurahan di Kota Bekasi hari ini menggelar kegiatan Salat Jumat. Pemerintah daerah memberikan izin untuk mengawali status new normal di wilayahnya.

"Setiap kelurahan akan dinamis sangat tergantung warga masyarakat," kata Tri Adhianto ketika dikonfirmasi, Jumat (29/5).

Ia mengatakan, 50 kelurahan tersebut sekarang berstatus zona hijau penyebaran virus corona. Untuk menjaganya, pemerintah daerah meminta masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan, termasuk dalam beribadah wajib di masjid maupun tempat ibadah lain.

"Karena dasarnya penetapan zona adalah ODP, PDP dan juga warga yang terpapar positif," kata Tri Adhianto.

Salah satu masjid yang menggelar Salat Jumat adalah Masjid Agung Al Barkah di Jalan Veteran, Bekasi Selatan. Setiap jemaah yang masuk diperiksa suhu tubuh dan diwajibkan memakai masker. Shaf juga diatur minimal berjarak 1 meter. Walhasil, shaf meluber sampai ke pelataran.

Ini merupakan kali pertama masjid tersebut menggelar salat Jumat sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berlaku di Kota Bekasi. Bahkan, pada salat idul fitri pekan lalu, di masjid pemerintah ini tidak mengadakan, walaupun ada kelonggaran dari pemerintah.

Berdasarkan data terkini, jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Bekasi sebanyak 298, rinciannya 253 dinyatakan sembuh, 32 meninggal dunia, dan 13 orang masih dalam perawatan medis di rumah sakit. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini