Bantuan Korban Gempa Cianjur, Pemerintah Beri Rp50 Juta untuk Rumah Rusak Berat

Selasa, 22 November 2022 13:47 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Bantuan Korban Gempa Cianjur, Pemerintah Beri Rp50 Juta untuk Rumah Rusak Berat Penyelamatan kucing dari rumah hancur akibat gempa Cianjur. ©ADEK BERRY/AFP

Merdeka.com - Pemerintah akan memberikan bantuan kepada korban gempa di Cianjur, Jawa Barat. Pemberian bantuan itu dibagi menjadi tiga kategori. Bagi rumah yang rusak berat diberikan Rp50 juta, rusak sedang Rp20 juta dan rusak ringan Rp10 juta.

“Rusak berat akan diberikan bantuan Rp50 juta, yang sedang diberikan bantuan Rp20 juta dan yang ringan diberikan bantuan Rp10 juta," kata Presiden Joko Widodo di Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11).

Dia menyebut, yang terpenting pembangunan rumah terdampak gempa bumi diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan anti gempa. Sebab, gempa yang terjadi di Cianjur muncul 20 tahun sekali.

2 dari 2 halaman

"Karena tadi disampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adalah gempa 20 tahunan sehingga pembangunan rumahnya kita arahkan untuk yang rumah anti gempa," jelasnya.

Jokowi pun cukup senang akses jalan yang tertimbun longsor imbas gempa sudah bisa dibuka. Selanjutnya, tim bisa fokus melakukan evakuasi korban.

"Saya senang akses jalan yang kemarin tertimbun sudah tadi sampai pagi sudah bisa dibuka, alhamdulillah dan ini nanti akan dilanjutkan dengan kecepatan dalam penanganan terutama penyelamatan evakuasi untuk yang masih tertimbun ya," tutupnya.

[fik]

Baca juga:
Peneliti Ungkap Pemicu Cianjur Rusak Parah Usai Gempa M 5,6
CEK FAKTA: Tidak Benar Air Laut di Pantai Pangandaran Surut Usai Gempa Cianjur
Jokowi Minta Utamakan Evakuasi Korban Gempa Cianjur dan Buka Akses Jalan
Jalan Desa di Cugenang Terputus, Pencarian Korban Gempa Cianjur Terkendala
Kisah Korban Gempa Cianjur, Andalkan Lambaikan Tangan saat Tubuh Tertindih Atap Rumah
Viral Video Detik-Detik Gempa Cianjur yang Telan Banyak Korban, Menegangkan
Tinjau Korban Gempa, Jokowi Berangkat ke Cianjur Lewat Jalur Darat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini