Bantu korban gempa Lombok, Pemkot Malang fokus bangun sekolah

Selasa, 28 Agustus 2018 07:02 Reporter : Darmadi Sasongko
Bantu korban gempa Lombok, Pemkot Malang fokus bangun sekolah Gempa Lombok. ©handout/BNPB

Merdeka.com - Pemerintah Kota Malang akan membangun sekolah rusak akibat gempa bumi di Lombok, NTB. Langkah tersebut diambil agar bantuan yang diberikan masyarakat bisa terkonsentrasi dan monumental.

"Batuan dalam bentuk sekolah di Lombok. Kita akan membangun sekolah yang sifatnya monumental, bisa dilihat. Maknanya tentu bukan karena kita riak, biar nampak dan tepat sasaran," kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Malang Sutiaji di kantornya, Senin (27/8).

Pemkot Malang menggandeng Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) dan Radar Malang. Sutiaji mengatakan, Pemkot Malang sudah turut andil dalam memberikan bantuan kepada korban gempa di Lombok dengan mengumpulkan donasi dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat.

"Kemarin Pemkot sudah menggalang bantuan dari ASN dan juga bantuan dari masyarakat untuk diserahkan kepada korban gempa," jelasnya.

Selama ini bantuan kepada korban gempa di Lombok cenderung parsial antara lembaga atau organisasi yang satu dengan lainnya. Sehingga, jika bantuan tersebut bisa dijadikan satu kesatuan, maka bisa digunakan untuk membangun sekolah yang roboh di Lombok.

"Terutama sekolah SD, nanti teknisnya kita akan bicarakan lebih detail, yang penting niatan baik ini harus bisa kita realisasikan demi saudara kita di Lombok yang sedang tertimpa musibah," ujarnya.

Pemkot Malang juga akan menggandeng perguruan tinggi di Kota Malang untuk merealisasikan pembangunan sekolah yang roboh atau rusak parah sehingga dapat berfungsi dengan baik. Sementara, Sekda Kota Malang, Wasto menjelaskan, pihaknya nanti akan melakukan survei, sekolah mana di Lombok yang kondisinya roboh dan harus dibangun kembali.

"Sekolah itu nanti akan kita tancapkan papan berbunyi akan direnovasi oleh Pemkot Malang," katanya.

Dia optimis, dengan adanya banyak bantuan dari berbagai pihak, rencana membangun sekolah yang rusak di Lombok ini bakal terealisasi dengan baik. Sementara Dana yang terkumpul dari sumbangan ASN dan OPD di lingkungan Pemkot Malang mencapai Rp 400 Juta. Selain itu, Dinas Pendidikan melalui Korpri telah mengumpulkan dana sebesar Rp 500 juta. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Gempa NTB
  2. Gempa Lombok
  3. Malang
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini