Bantu korban bencana di Palu, pemerintah datangkan kapal pembangkit listrik

Senin, 1 Oktober 2018 16:10 Reporter : Merdeka
Bantu korban bencana di Palu, pemerintah datangkan kapal pembangkit listrik Kapal listrik di Ambon. Istimewa ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah akan mendatangkan kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) ke Palu, Sulawesi Tengah. Kapal yang mampu menghasilkan daya 400 megawatt itu akan memberikan pasokan listrik ke kawasan yang terdampak gempa dan tsunami.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, telah mendapatkan informasi dari Menteri BUMN Rini Soemarno bahwa kapal pembangkit listrik telah menuju di Palu.

"Saya dengar kapal dari Bu Rini (Menteri BUMN Rini Soemarno) tadi, kapal yang besar yang bisa 400 megawatt yang dulu pernah kita pakai di Manado. Sekarang ada di Kupang, itu sudah berangkat menuju ke Palu," katanya di Jakarta, Senin (1/10).

Kalau kapal ini sudah sampai di Palu, lanjut dia, maka permasalahan listrik akan dapat diatasi. Karena daya yang mampu dihasilkan MVPP itu cukup untuk memenuhi kebutuhan di sana.

"Di sana dibutuhkan 110 megawatt, dan ini 400 megawatt, cukup," ujarnya.

Selain itu, Tito mengungkapkan, untuk gardu dan jaringan listrik akan terus diperbaiki oleh PT PLN. Sementara menunggu MVPP tiba, maka masyarakat akan menggunakan genset.

"PLN mengirim genset sebanyak-banyaknya untuk menghidupkan secara lokal. Saya kira itu ya," pungkasnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini