Bantu amankan pilkada serentak, TNI AD koordinasi dengan Polri

Senin, 5 Februari 2018 10:47 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Kasad Jenderal TNI Mulyono. ©2017 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Jelang Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) pihak TNI akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengamankan agar berjalan lancar. Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono mengakui akan mengerahkan anggota TNI untuk membantu kepolisian mengamankan wilayah di setiap daerah.

"Kalau peran ini kan saya membantu kepolisian. Di dalam perbantuan saya, salah satu tugasnya adalah membantu kepolisian dalam memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat tentang kerja dan masa pilkada," kata Mulyono di Mabes TNI AD, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Senin (5/2).

"Sehingga dalam peran TNI untuk Pilkada saya membantu kepolisian," lanjut Mulyono.

Dia menjelaskan pihaknya akan bekerja sama dengan pihak kepolisian. Dan akan mengerahkan pihaknya berdasarkan permintaan dari pihak kepolisian.

"Tiap-tiap wilayah berbeda-beda. Itu kesiapan yang kita lakukan dalam pilkada," ungkap Mulyono.

Diketahui sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menuturkan bahwa sesuai dari arahan Presiden Joko Widodo bahwa TNI-Polri harus bisa melakukan pemetaan terhadap beberapa daerah yang berpotensi adanya keributan atau kericuhan.

"Beliau (Presiden) memerintahkan agar polri dan TNI melakukan pemetaan potensi konflik dari 171 wilayah di mana yang kira-kira rawan. Kemudian melihat bentuk tingkat kerawanan seperti apa," tutur Tito.

Lebih lanjut, Tito mengungkapkan bahwa Jokowi ingin agar TNI-Polri bisa melakukan langkah secara persuasif dibanding dengan menggunakan cara yang responsif.

"Beliau minta agar melakukan langkah-langkah persuasif untuk menyelesaikan potensi konflik dibanding dengan cara-cara responsif, represif. Jadi proaktif dan kemudian menyelesaikannya sebelum potensi konflik itu berkembang," tandasnya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini