Bantah Menpora, Menteri PUPR Tegaskan Tak Ada Renovasi GBK

Senin, 28 November 2022 13:56 Reporter : Ahda Bayhaqi
Bantah Menpora, Menteri PUPR Tegaskan Tak Ada Renovasi GBK Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membantah pernyataan Menpora Zainudin Amali bahwa Gelora Bung Karno (GBK) akan direnovasi untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2023. Renovasi ini sebelumnya dijadikan alasan GBK tidak boleh digunakan.

Namun menjadi polemik ketika GBK bisa digunakan oleh relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggelar acara Nusantara Bersatu pada Sabtu lalu.

"GBK enggak ada renovasinya," tegasnya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/11).

Kementerian PUPR tidak pernah mengagendakan perbaikan GBK. Hanya sejumlah stadion lain direnovasi untuk digunakan laga Piala Dunia U-20.

"Oh enggak, enggak ada programnya, yang lain itu," kata Basuki.

Stadion lain yang direnovasi adalah Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion I Wayan Dipta (Bali), dan Stadion Jakabaring (Palembang).

2 dari 2 halaman

Menpora Sebut GBK akan Direnovasi Desember Mendatang

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menjelaskan alasan Gelora Bung Karno (GBK) bisa digunakan untuk acara relawan Presiden Joko Widodo Nusantara Bersatu pada Sabtu, (26/11).

Padahal sebelumnya dilarang digunakan karena persiapan renovasi untuk digunakan Piala Dunia U-20 tahun 2023. Zainudin mengatakan, saat ini renovasi belum dimulai sehingga GBK masih bisa digunakan.

"Jadi kalau teman-teman memperhatikan apa yang pernah saya sampaikan beberapa waktu yang lalu ketika waktu itu ada Blackpink dan lain-lain, saya sampaikan kalau renovasi sudah dimulai," ujarnya di Istana, Jakarta, Senin (28/11).

Zainudin menuturkan, renovasi ditandai ketika tim dari Kementerian PUPR sudah mulai masuk ke GBK. Namun sampai saat ini Kementerian PUPR belum mulai renovasi.

"Nah sampai dengan selesainya event itu enggak boleh digunakan. Yang kemarin kan PU nya belum masuk, belum mulai. Jadi ukurannya itu saja," kata politikus Golkar ini.

Renovasi GBK rencananya akan dimulai pada awal Desember 2022. Pihak GBK pun sudah berkomunikasi dengan FIFA. Memastikan bahwa saat renovasi dimulai, GBK tidak bisa digunakan.

"GBK berkomunikasi dengan FIFA. FIFA sampaikan pokoknya kalau sudah masuk renovasi, sudah enggak boleh lagi," kata Zainudin.

Relawan Jokowi menggelar acara dengan tajuk Nusantara Bersatu di GBK pada Sabtu (26/11). Acara tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo. [tin]

Baca juga:
Penjelasan Relawan soal Video Minta Jokowi Tempur Lawan Kubu yang Serang Pemerintah
Relawan Jokowi Balas Sindiran Sekjen PDIP: Bukan ABS, Tapi Asal Rakyat Senang
Ditanya Ciri Pemimpin Berambut Putih, Ganjar: Kalau Mau Potong Saya Tunjukin Salonnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini