Bantah ditutupi, ini penjelasan Kapolri soal pelantikan Komjen BG

Kamis, 23 April 2015 14:16 Reporter : Putri Artika R
Bantah ditutupi, ini penjelasan Kapolri soal pelantikan Komjen BG Budi Gunawan. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Komjen Pol Budi Gunawan resmi menduduki posisi Wakapolri. Menurut Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti, penunjukan Budi Gunawan sudah dikonsultasikan pada Presiden Joko Widodo setelah melalui seleksi dan penilaian Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi Polri.

"Saya sudah mendapatkan satu arahan bahwa silakan dilaksanakan sesuai dengan prosedurnya Wanjakti-nya, tetapi Pak Presiden tidak menunjuk orangnya, itu diserahkan sepenuhnya pada Wanjakti," ujar Badrodin di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (23/4).

Atas hal itu, Badrodin mengikuti proses yang ada di Wanjakti. Setelah proses di Wanjakti dan terpilih satu nama, Badrodin kemudian melantik BG pada Kamis 23 April 2015.

Namun rupanya, saat melihat jadwal kegiatannya pada Kamis itu agenda sangat padat. Apalagi, kata Badrodin, dirinya juga sibuk untuk mengurus KAA sehingga dipilihlah pelantikan BG pada Rabu kemarin.

Dengan penjelasan itu, Badrodin membantah bila disebut pelantikan BG karena ada desakan.

"Enggak ada desakan jadi begini. Rencananya itu kita akan lantik hari ini Kamis (23/4). Tetapi kalau itu direncanakan pasti bisa lengkap semua, semua pejabat bisa hadir kemudian beberapa pamin termasuk Bhayangkari juga bisa hadir. Tetapi hari ini saya jadwalnya penuh. Nanti siang sampai sore nanti ke Bandung sehingga saya enggak bisa hari ini. Paling bisa itu adalah Senin. Tetapi kan kesibukan Konferensi Asia Afrika ini kan saya memerlukan wakil karena saya juga banyak (aktivitas) di luar, sehingga itu yang mendesak. Kondisi itu yang mendesak, kalau memang siang ini (Rabu) ya dengan sederhana saja silakan," ujarnya. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini