Banjir di Aceh semakin meluas, ratusan rumah rusak

Senin, 14 Desember 2015 13:44 Reporter : Afif
Banjir di Aceh semakin meluas, ratusan rumah rusak Banjir. ©2014 merdeka.com/andrian salam

Merdeka.com - Banjir yang melanda pantai barat selatan, Aceh sejak Minggu (13/12) semakin meluas. Akibat banjir tersebut ratusan rumah terendam banjir dan mengalami kerusakan.

Banjir ini karena curah hujan semakin tinggi dalam sepekan terakhir. Banjir semakin meluas hingga Kabupaten Aceh Singkil dan Subulussalam. Ribuan warga memilih mengungsi dan mencari tempat yang lebih aman. Diperkirakan, jumlah pengungsi akan semakin bertambah menyusul banjir masih melanda di kawasan tersebut.

Kepala badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Said Rasul mengatakan, hampir seluruh kecamatan di kabupaten pantai barat selatan, Aceh, dilanda hujan.

"Ketinggian air akibat banjir diperkirakan mencapai 1-3 meter. Banyak rumah warga dan fasilitas publik terendam banjir," kata Said Rasul, Senin (14/12) di Banda Aceh.

Katanya, untuk logistik pihaknya sudah mengirimkan bantuan ke daerah yang terkena dampak bencana sebagai tindakan tanggap darurat, seperti tenda, selimut, pakaian.

Data yang dirilis oleh BPBA saat ini terdapat lebih 67 ribu warga dari 14 kecamatan di Aceh Barat, Aceh Jaya dan Aceh Selatan telah mengungsi. Selain itu banjir juga menghantam irigasi di Desa Panton Luas. Irigasi ini yang menyuplai air ke tiga desa yaitu Desa Trieng Meduro Tunong, Trieng Meduro Baroh dan Sikulat, Kecamatan Sawang.

Di Meulaboh, Aceh Barat sejumlah jalan penghubung antar desa di 11 Kecamatan dilaporkan rusak akibat terendam banjir. Personil Polisi dan TNI beserta SAR kini masih berupaya keras melakukan penyelamatan pada warga yang tinggal di kawasan yang paling parah terkena dampak banjir. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Banjir Aceh
  3. Banjir
  4. Banda Aceh
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini