Bangun Kolam Renang di Rumah Dinas, Ridwan Kamil Butuh untuk Terapi Cedera Kaki

Jumat, 15 November 2019 14:06 Reporter : Aksara Bebey
Bangun Kolam Renang di Rumah Dinas, Ridwan Kamil Butuh untuk Terapi Cedera Kaki Gubernur Jabar Ridwan Kamil. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan pembuatan kolam renang di rumah dinas (Gedung Pakuan) yang menelan anggaran miliaran rupiah untuk terapi cedera. Hal itu sesuai saran dari dokter yang tidak membolehkannya berolahraga berat.

Ia menyebut, proyek revitalisasi yang menelan anggaran total Rp4 miliar dilakukan sesuai prosedur dan proporsional. Di luar dari kolam renang, banyak fasilitas yang dibangun untuk kepentingan masyarakat, seperti pengaspalan jalan dan taman.

"Sudah 20 tahun tidak ada yang namanya renovasi (gedung pakuan) yang ada hanya perawatan saja. Jadi, penambahan fasilitas olahraga itu sesuai kebutuhan," ucap dia saat ditemui di Gedung DPRD Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (15/11).

"Kebutuhannya sangat nyata. Saya itu kaki saya cedera yang kiri. Dokter menyarankan supaya bisa fit bagi gubernur Jabar, tidak boleh lagi berolahraga yang sifatnya impact (langsung ke kaki) seperti lari, loncat-loncat dan sebagainya. Harus terapi dengan yang namanya berenang," ia melanjutkan.

Menurutnya, rumah dinas yang ditempatinya adalah bangunan berusia lebih dari 200 tahun dengan luas hampir dua hektare. Di sana, banyak aktivitas yang melibatkan warga. Para gubernur sebelumnya sudah pernah membangun masjid dan gedung olahraga.

"Pertama tidak menghamburkan uang negara, (penggunaan anggaran) sesuai kebutuhan. Yang kedua yang namanya semua urusan pakuan memang akan berlangsung setiap tahun, karena ini bangunan bersejarah yang harus dirawat disempurnakan," ucap dia.

"Dalam rutinitas masterplan perbaikan yang namanya (Gedung) Pakuan, saya arahan dan setujui kolam yang sebenarnya tidak terlalu besar," pungkasnya. [bal]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini