Bandung ingin percantik Tugu Adipura

Minggu, 22 November 2015 19:25 Reporter : Dian Rosadi
Bandung ingin percantik Tugu Adipura Tugu adipura. ©2015 Merdeka.com/Dian

Merdeka.com - Kota Bandung menjadi salah satu penerima penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk kategori kota metropolitan tahun 2015. Kepastian ini didapat setelah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengunggah surat undangan penyerahan piala adipura di akun media sosialnya pada Kamis (19/11) kemarin.

Untuk menyambut penghargaan tersebut Pemkot Bandung melalui Dinas Pemakaman dan Pertamanan (diskamtam) Kota Bandung akan merenovasi tugu Adipura yang berada di pertigaan Jalan Pajajan - DR Cipto tersebut.

" Rencananya memang akan kita renovasi. Nanti akan kita desain ulang. Yang mendesain langsung oleh Pa Wali Kota,"ujar Kadiskamtam Kota Bandung Arief Prasetya saat dihubungi Merdeka.com, Minggu (22/11)

Arief menuturkan renovasi akan dilakukan secara menyeluruh yakni di bagian tugu dan taman. Namun Ia belum memastikan ihwal rancangan desain yang dibuat.

Menurut Arief, awalnya renovasi hanya akan dilakukan dengan mengganti tugu saja. Namun atas instruksi Wali Kota, perbaikan dilakukan secara menyeluruh.

" Semula perbaikan akan dilakukan tahun ini dengan mengganti bagian yang hilang saja. Namun Pa Wali minta didesain ulang. Akhirnya diputuskan renovasi akan dilakukan 2016,"kata Arief.

Arief mengungkapkan, untuk merenovasi tugu Adipura pihaknya sudah menyiapkan anggaran Rp 200 juta. Anggaran inu bersumber dari APBD 2016.

" Semoga usulan itu disetujui oleh Dewan sehingga awal tahun 2016 proses renovasi sudah bisa dilakukan,"pungkasnya.

Berdasarkan catatan, Tugu Adipura ini dibangun di masa kepemimpinan Wali Kota Wahyu Hamidjaja saat Bandung meraih Piala Adipura pada tahun 1997. Namun kondisinya saat ini mengkhawatirkan. Selain kurang dirawat, beberapa bagian dari tugu satu per satu bagian tugu hilang dicuri. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Merdeka Bandung
  2. Bandung
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini