Bandara SMB II Palembang Tetap Akan Beroperasi pada Periode Mudik

Rabu, 14 April 2021 14:54 Reporter : Irwanto
Bandara SMB II Palembang Tetap Akan Beroperasi pada Periode Mudik Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. ©Angkasa Pura II

Merdeka.com - Pemerintah pusat menetapkan larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021. Meski begitu, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang tetap beroperasi pada masa itu untuk menjalankan fungsi sebagai bandara alternatif serta melayani orang yang mendapat pengecualian untuk bepergian.

Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang Tommy Ariesdianto mengungkapkan, pihaknya tak menutup operasional karena pertimbangan sebagai bandara alternatif atau alternate aerodrome. Pendaratan darurat dapat dilakukan di bandara itu jika ada kondisi cuaca buruk saat penerbangan.

"Kami tetap beroperasi karena menjadi salah satu bandara alternate aerodrome," ungkap Tommy, Rabu (14/4).

Selain itu, bandara juga dapat melayani penerbangan terjadwal maupun tidak terjadwal. Penerbangan terjadwal dapat dinikmati kelompok yang masih diperkenankan bepergian saat masa larangan mudik, seperti perjalanan dinas, bekerja, atau kondisi mendesak seperti sakit dan melahirkan.

"Masih tetap kita layani dan ada penerbangan terjadwal atau tidak setiap harinya," ujarnya.

Tommy mengakui jumlah penumpang selama pandemi Covid-19 menurun separuh dari waktu normal yang mencapai di atas 6 ribu orang per hari. "Saat ini masih dalam kondisi low season 3.000 pax per hari, meski begitu kita tetap stand by 24 jam, jam operasional mulai 06.00 sampai 20.00 WIB," pungkasnya. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini