Bandara Adi Soemarmo Perketat Keamanan Jelang Ngunduh Mantu Jokowi

Jumat, 9 Desember 2022 16:56 Reporter : Arie Sunaryo
Bandara Adi Soemarmo Perketat Keamanan Jelang Ngunduh Mantu Jokowi Bandara Adi Soemarmo. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Mengantisipasi pergerakan tamu VIP dan VVIP saat tasyakuran ngunduh mantu Presiden Jokowi, Minggu (11/12), Bandara Internasional Adi Soemarmo melakukan beberapa penyesuaian. Yakni mulai dari parking stand hingga penambahan personel Aviation Security.

"Kami akan melakukan penyesuaian agar parking stand Bandara Adi Soemarmo dapat menampung hingga 34 pesawat. Namun kami pastikan penyesuaian tersebut tidak akan mengganggu jadwal penerbangan reguler," ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan, Jumat (9/12).

Untuk menjamin keamanan tamu VIP dan VVIP, pihak bandara akan menerapkan prosedur standar keamanan. Yakni pemeriksaan bagasi, pemeriksaan penumpang, pemeriksaan kendaraan menggunakan Mirror Under Vehicle bagi tamu VIP dan VVIP yang melewati Akses Terminal Kargo.

"Untuk tamu VIP dan VVIP yang melewati terminal domestik, akan dilakukan pemeriksaan bagasi melalui X-RAY Passenger Security Checkpoint (PSCP). Pemeriksaan penumpang menggunakan Walk Through Metal Detector (WTMD) dan Hand Held Metal Detector (HHMD)," katanya.

Selain menambah personel Aviation Security, lanjut dia, pihak bandara juga intens berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Di antaranya dengan TNI AU Lanud Adi Soemarmo, Polres Boyolali, Koramil Ngemplak, BIN dan BAIS.

"Personel-personel tersebut rencananya akan turut melakukan penjagaan pengamanan di Bandara Adi Soemarmo selama acara berlangsung," jelasnya.

Yani menambahkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan anak perusahaan, Angkasa Pura Suport untuk mendatangkan X-Ray dan Walk Through Metal Detector (WTMD).

"Ada satu unit x-ray dan satu walk Through Metal Detector didatangkan Angkasa Pura Suport dari Yogyakarta International Airport (YIA) dan siap dioperasikan ada H-4 acara ngundhuh mantu," terang Yani.

Secara keseluruhan, lanjut dia, Bandara Adi Soemarmo siap untuk mendukung kelancaran pernikahan putra Presiden RI.

Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager Bandara Adi Soemarmo Gerrie Razaq menambahkan berdasarkan data yang diperoleh hingga Jumat (9/12) dari tanggal 7 Desember hingga 13 Desember 2022 tercatat 45 request parking stand untuk pesawat Charter, 2 request parking stand untuk pesawat kepresidenan dan 5 request dari airline untuk mengganti tipe pesawat menjadi tipe pesawat yang lebih besar.

"Data ini masih bisa berubah sewaktu-waktu. Kami melakukan penyesuaian agar parking stand kami tersedia dapat menampung 34 pesawat," katanya.

Menurut dia, pesawat tersebut tidak datang secara bersamaan.

"Datangnya tidak bebarengan. Jadi sampai sekarang perkiraan kami parking stand yang tersedia di Bandara Adi Soemarmo masih memadai," katanya. [rhm]

Baca juga:
Momen Jokowi Gendong Kaesang Pangarep Selesai Siraman
Pernikahan Kaesang-Erina, Ini 5 Pengalihan Arus Lalin di Sekitar Pura Mangkunegaran
Mengenal Keluarga Erina Gudono, Calon Besan Presiden Jokowi
Potret Jokowi Sibuk Tandatangani Setumpuk Dokumen di Sela Prosesi Pernikahan Kaesang
Flyover Janti Jogja 'Bersolek' Jelang Pernikahan Kaesang & Erina, Gambarnya Sosok ini
Intip Potret Hampers Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Sederhana
Usai Siraman Kaesang, Jokowi ke DIY untuk Hadiri Midodareni di Kediaman Erina Gudono

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini