Bamsoet Minta Pemerintah Persiapkan Kepulangan WNI Usai Diobservasi dengan Baik

Jumat, 14 Februari 2020 13:51 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Bamsoet Minta Pemerintah Persiapkan Kepulangan WNI Usai Diobservasi dengan Baik WNI dari Wuhan disemprot disinfektan. ©HANDOUT/INDONESIAN EMBASSY/AFP

Merdeka.com - Pemerintah berencana memulangkan 238 warga negara Indonesia (WNI) yang telah diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau, pada Sabtu (15/2). Mereka diobservasi selama 14 hari pasca-pulang dari Wuhan, China akibat merebaknya virus corona (Covid-19).

WNI tersebut akan dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing setelah dinyatakan sehat dan tidak terinfeksi virus corona. Menanggapi rencana pemerintah, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah mempersiapkan pemulangan 238 WNI tersebut dengan baik.

"Serta melakukan pendampingan dan memastikan seluruh WNI tiba di kediamannya masing-masing dengan selamat," kata dia, dalam keterangannya, Jumat (14/2).

Bamsoet, sapaan akrabnya, juga mengimbau masyarakat untuk dapat menerima kepulangan 238 WNI itu. Mengingat mereka semua dipastikan dalam keadaan sehat dan bebas dari virus korona.

Dia pun mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap penyebaran wabah virus tersebut dengan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan.

"Walaupun hingga saat ini tidak ada indikasi virus tersebut tersebar di Indonesia," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Pelaksana Tugas (Plt.) Deputi IV Kantor Staf Presiden Bidang Informasi dan Komunikasi Politik Juri Ardiantoro mengatakan observasi terhadap 238 warga negara Indonesia di Natuna akan berakhir pada hari Sabtu (15/2).

"Observasi berakhir 15 Februari pukul 00.00 WIB. Berikutnya pelepasan peserta observasi secara alamiah. Tidak ada acara terlalu formal," kata Juri di Gedung Bina Graha, kompleks Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Kamis (13/1).

Juri mengatakan seluruh peserta observasi, termasuk petugas yang menangani para WNI di Natuna, hingga saat ini dalam kondisi sehat. Mereka sudah dinyatakan bebas virus corona.

Reporter: Putu Merta (Liputan6.com) [ray]

Baca juga:
Amerika Serikat Siap Bantu Korea Utara Hadapi Ancaman Wabah Virus Corona
Marak Virus Corona, Target Wisatawan Asing untuk Formula E Diturunkan
Strategi Kementerian Keuangan Tangkal Dampak Virus Corona ke Ekonomi Indonesia
WNI yang Diobservasi di Natuna Pulang Besok, Jokowi Minta Warga Tak Takut
Pemerintah Hong Kong Perpanjang Penutupan Sekolah Sampai Maret Akibat Wabah Corona
Kematian Akibat Virus Corona Mendekati Angka 1.500 & 65.000 Orang Terinfeksi di China

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini