Bali Andalkan Kekuatan Lokal Hadapi Bayang-Bayang Resesi Global

Senin, 3 Oktober 2022 14:55 Reporter : Moh. Kadafi
Bali Andalkan Kekuatan Lokal Hadapi Bayang-Bayang Resesi Global Gubernur Bali Wayan Koster. ©2022 Merdeka.com/Moh. Kadafi

Merdeka.com - Gubernur Bali Wayan Koster menanggapi santai terkait bayang-bayang resesi global tahun depan. Dia yakin Bali bisa melewati fase perlambatan ekonomi tersebut.

"Tenang saja. Aman pokoknya," kata Koster saat ditemui di Kantor DPRD Bali, Senin (3/10).

Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov Bali adalah menerapkan ekonomi berbasis lokal. Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra di tempat sama.

"Sesuai dengan namanya, iya global semua harus mengantisipasi dengan baik, termasuk kita di Bali. Maka dari itu harus memperkuat fundamental ekonomi kita. Bapak Gubernur, sudah memperhitungkan hal ini, makannya kebijakan ekonominya adalah itu kebijakan ekonomi yang berbasis kepada kekuatan lokal," bebernya.

Menurutnya, kebijakan ekonomi lokal sudah tertuang di dalam konsep yang dibuat oleh Gubernur Bali, yaitu transformasi ekonomi kerthi Bali yang memperkuat basis sumber daya alam dan dan mengelola ekonomi lokal Bali.

"Makannya kembali pertanian, sumber daya kelautan dan yang sebenarnya banyak kita punya. Tapi selama ini kita banyak menikmati hasil dari pariwisata, sehingga dalam tanda petik kita agak terlena (dan tidak) mengelola sumber daya yang lainnya," ujarnya.

"Pariwisata kita sudah memiliki pengalaman, beberapa kali mengalami turbulensi. Kalau, kita biarkan terus bisa melemahkan perekonomian kita ke depan. Jadi, sekali lagi resesi global ancaman seluruh dunia bukan kita saja," lanjutnya. [cob]

Baca juga:
Ada Ancaman Resesi, Angka Pengangguran Berpotensi Naik
Resesi Ekonomi Bisa Bermula dari Kawasan Eropa
Tips Atur Uang Agar Tetap Stabil di Tengah Ancaman Resesi
Ancaman Resesi Bisa Berdampak ke Pertumbuhan Ekonomi RI
Sandiaga Uno: Penguatan UMKM Bisa Atasi Resesi di Indonesia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini