Bakal Meriah, Ini Persiapan Menjelang Pernikahan Kaesang-Erina

Senin, 28 November 2022 17:16 Reporter : Ya'cob Billiocta
Bakal Meriah, Ini Persiapan Menjelang Pernikahan Kaesang-Erina Prewedding Kaesang Erina. ©2022 Merdeka.com/instagram kaesangp erinagudono

Merdeka.com - Rangkaian acara pernikahan Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono rencananya akan digelar di dua lokasi yakni Yogyakarta dan Solo. Di Yogyakarta, acara akan dimulai sejak 8-10 Desember 2022.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengungkapkan bahwa pihaknya telah mendapatkan jadwal rangkaian acara pernikahan Kaesang-Erina.

Menurut Aji, di tanggal 8-9 nanti, rangkaian acara persiapan akan lebih banyak dilakukan di kediaman Erina yang berada di kawasan Kabupaten Sleman, DIY.

"Mulai tanggal 8, semaan (Alquran). Kemudian tanggal 9 itu mulai pasang bleketepe dan seterusnya. Malam itu midodareni," kata Aji, Kamis (24/11).

"Paling pokok pada upacara nikahannya, tanggal 10 jam 12.00 WIB. Itu informasi yang saya terima. Apakah ada perubahan, belum tahu," sambung Aji.

Sementara itu, Kantor Urusan Agama (KUA) Depok Kabupaten Sleman mengaku telah menerima berkas pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Berkas ini sudah diterima sejak Jumat (18/11) lalu. Hal itu dibenarkan oleh Kepala KUA Depok Muhammad Wiyono. Menurut rencana, pernikahan Kaesang-Erina Gudono ini akan digelar 10 Desember 2022 mendatang.

"Rencananya tanggal 10 Desember 2022. Seperti itu," kata Wiyono saat dihubungi, Senin (21/11)

Wiyono menuturkan berdasarkan informasi terakhir yang diperoleh, rencana akad nikah Kaesang-Erina akan digelar di Pendopo Royal Ambarukmo.

"Akadnya informasinya di Pendopo Ambarukmo, hanya sekadar itu," lanjut Wiyono.

Berikut persiapan pernikahan Kaesang dengan Erina:

2 dari 5 halaman

Naik Kereta Kencana

Prosesi adat ngunduh mantu di Solo, akan dilakukan di rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung. Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri BUMN Eric Thohir saat memimpin jalannya gladi kotor resepsi pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran, Minggu (27/11).

"Ngunduh mantunya itu di Loji Gandrung. Semua acaranya di sana, baru naik kereta ke sini (Mangkunegaran)," ujarnya.

Menurut Erick, keluarga Presiden Jokowi tetap menghormati dan tidak akan mengubah adat istiadat yang ada di Mangkunegaran. Karena itu, nantinya Pura Mangkunegaran hanya digunakan sebagai tempat untuk tasyakuran saja.

Acara pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi tersebut, dikatakan Erick, juga akan melibatkan masyarakat.

"Ini bukan sebuah acara buat beliau, tapi beliau (Jokowi) sendiri kan bagian dari masyarakat Solo," katanya.

Lebih jauh, Erick mengemukakan, seusai acara adat di Loji Gandrung, mempelai dan keluarga akan dikirab menuju Pura Mangkunegan.

Terdapat 9-10 kereta yang akan digunakan pada prosesi kirab dari Loji Gandrung ke Mangkunegaran yang berjarak sekitar 3 kilometer.

"Jadi ada 9-10 kereta, di mana nanti pengantin menyapa. Kalau masyarakat ya beraktivitas normal. Tapi di situ kita siapkan pesta rakyat. Ada 9 titik kegiatan, ada musisi dari masyarakat, kesenian dari masyarakat, kita libatkanlah," katanya.

Meskipun terdapat prosesi arak-arakan atau kirab kereta kencana, Erick memastikan jika aktivitas masyarakat tidak akan terganggu. Masyarakat tetap bisa melakukan kegiatan seperti biasanya.

3 dari 5 halaman

53 Paket Hampers

Persiapan juga terlihat dilakukan oleh sang mempelai wanita Erina gudono, dengan memesan 53 Hampers untuk para bridesmaid di pernikahannya nanti. Diketahui jika Erina memesan hampers tersebut dari UMKM bernama Priscanara Atelier.

Priscanara Atelier merupakan Toko Souvenir yang dikelola oleh Novikasari. Lokasi usahanya itu berada tidak jauh dari kediaman Erina di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Novikasari yang akrab disapa Sari ini menceritakan bagaimana proses Priscanara Atelier dipilih oleh Erina untuk menyediakan hampers bagi bridesmaid.

Menurut Sari, saat dia mendengar kabar pernikahan Erina dan Kaesang akan digelar pada Desember mendatang, Sari mengajukan penawaran paket hampers kepada Erina. Penawaran tersebut dilakukan pada awal Agustus 2022. Penawaran Sari ini kemudian disetujui oleh Erina pada pertengahan Agustus 2022.

"Awalnya saya yang ketok pintu dulu, jadi saya mengajukan penawaran ke Mbak Erina. Alhamdulillah Mbak Erinanya langsung suka," kata Sari, Sabtu (5/11).

"Kita langsung proses. Enggak butuh waktu lama dari penawaran langsung deal desain dan lain-lainnya," sambung Sari.

Sari membeberkan Erina memesan 53 paket hampers untuk bridesmaid. Dalam satu paket itu terdiri atas parfum, gelas, redeffuser, teh herbal dan selembar kain yang diberikan oleh Erina.

"Hampers ini untuk teman-temannya Mbak Erina. Teman-teman Putri Indonesia ada sekitar 30an. Lainnya untuk sahabatnya Mbak Erina. Semua untuk cewek," tutur Sari.

"Ada dua paket untuk akad dan resepsi. Bedanya cuma di kainnya yang diberi Mbak Erina," imbuh Sari.

Sari menerangkan jika tidak ada pesan khusus dari Erina terkait hampers tersebut. Erina disebut Sari hanya meminta konsep hampers yang simpel dan elegan.

4 dari 5 halaman

Tamu Undangan Para Pejabat

Erick Thohir mengungkapkan bahwa Presiden akan mengundang banyak tamu dari berbagai kalangan dalam pernikahan Kaesang-Erina. Namun, dirinya mengaku belum mengetahui secara detail siapa saja tamu yang akan diundang.

"(Undangan) ya secukupnya, nanti dibagi. Bapak Presiden Jokowi tidak mungkin tidak mengundang duta besar," ujar Erick.

Tidak hanya duta besar, ungkap Erick, para kepala daerah terutama gubernur, juga akan diundang nantinya.

"Kalau duta besar diundang, terus gubernur tidak diundang, nanti gimana? Loh kok menghormati yang asing, kita yang bekerja keras bersama-sama saat covid kok tidak? Salah lagi nanti kita," katanya.

Selain duta besar dan gubernur, Erick menyebut, Presiden juga bakal mengundang para petinggi lembaga negara, di antaranya pejabat BPK, DPR, MPR dan DPD. Dengan banyaknya tamu negara tersebut, tentunya akan ada protokol yang mengaturnya.

Di samping tamu-tamu dari Presiden Jokowi, terdapat juga tamu undangan yang merupakan teman-temang dari Kaesang.

"Nanti juga ada teman-teman Mas Kaesang yang akan diundang. Mulai dari teman di dunia sepak bola hingga YouTuber," jelas Erick.

Menurut Erick hal ini masih terus dalam proses persiapan. "Mas Kaesang temannya kan banyak. Ada yang dari dunia sepak bola, pengusaha, belum teman-teman youtuber ya kan, banyak juga. Ini kan masih diatur ya, kita harus atur bagaimana ini baik jangan sampai berlebihan," tandasnya.

5 dari 5 halaman

Pesta Rakyat

Erick mengaku terus mematangkan persiapan pernikahan Kaesang di Pura Mangkunegaran. Menurutnya, salah satu yang dipersiapkan adalah pesta rakyat.

"Ya memang ada dua persiapan yang harus dipastikan. Yakni festival kecil hiburan dari masyarakat dan pernikahan. Nah ini kan kita harus benar-benar jaga supaya semuanya baik," ujar Erick.

Warga Solo, lanjut dia, bisa menikmati sembilan panggung hiburan yang ada di sepanjang Loji Gandrung hingga Mangkunegaran.

"Tadi titik titiknya ada, kita lewatin, kanan kiri ada 9 titik. Musisi rakyat mesti diangkat, dan ini hal yang positif. Supaya juga dikenal, apalagi ini nanti diliput oleh banyak media," tandasnya.

Reporter: Putri Oktafiana [cob]

Baca juga:
Pratikno dan Basuki Hadimuljono Akan Jadi Saksi Nikah Kaesang-Erina
Alasan Erick Thohir Jadi Panitia Ngunduh Mantu Jokowi: Kaesang seperti Keluarga Saya
Pesta Nikah Kaesang-Erina: Ngunduh Mantu, Naik Kereta Kencana sampai Pesta Rakyat
Jokowi Ngunduh Mantu, Erick Thohir Ungkap Daftar Tamu Undangan
Erick Thohir Anggap Kaesang Keponakan Sendiri

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini