KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Bahas strategi hukum, tim advokasi temui Habib Rizieq di Arab Saudi

Jumat, 19 Mei 2017 20:25 Reporter : Ronald
Rizieq Shihab hadir di sidang Ahok. ©2017 Merdeka.com/pool

Merdeka.com - Kuasa hukum Habib Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro mengatakan, sembilan orang anggota tim advokasi Habib Rizieq bakal menemui pimpinan FPI itu di Arab Saudi. Empat orang di antaranya sudah berangkat sementara sisanya segera menyusul.

"Sembilan berangkat. Yang sudah di sana empat atau lima," katanya, Jumat (19/5).

Di sana, tim akan membahas bersama Rizieq langkah strategis apa yang akan diambil terkait kasus dugaan chat porno Rizieq dan Firza Husein.

"Langkah strategis secara yuridis apa yang akan dihadapi. Yang kedua, polisi kan punya wewenang pada waktu pemanggilan sebagai saksi tapi nanti tiba-tiba ditetapkan sebagai tersangka bisa saja. Itu kan harus mendiskusikan dengan habib, tidak hanya dengan lawyer," katanya.

Menurutnya, Rizieq dan Firza merupakan korban. Dia juga mengatakan, nantinya tim akan membahas langkah-langkah yang perlu diambil jika Habib Rizieq pulang ke tanah air dan dimintai keterangan oleh polisi serta kemungkinan ditingkatkan statusnya menjadi tersangka.

"Apa sikap kita? Apa mau praperadilan? Ketika polisi punya wewenang, dia punya hak untuk memaksa harus menerima sebagai tersangka. Ketidakadilan ini membuat Habib berpikir dua kali untuk pulang sebelum apa yang terkait persoalan ini matang. Harus ada strategi," katanya.

Dia mengatakan, sebagian anggota tim advokasi sudah berangkat ke Arab Saudi. Namun soal lokasi pertemuan dengan Habib Rizieq dia enggan membeberkannya.

"Yang jelas di Saudi, rahasia dong," katanya.

Dia mengaku tak tahu persis dimana Habib Rizieq tinggal selama di Arab Saudi. Sebab, Habib Rizieq tak memberitahukannya.

"Saya enggak tahu persis. Yang jelas dia alumni King Saud. Jadi banyak teman di sana. Habib tidak menjelaskan keberadaannya di mana," katanya.

Dia menjelaskan anggota tim advokasi Habib Rizieq tak hanya berasal dari FPI tapi juga berasal dari berbagai elemen lainnya seperti GNPF MUI.

"Ini menjadi sorotan menjadi luar biasa, saya tidak sanggup lagi kalau sendiri," katanya. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Habib Rizieq
  2. Chat Firza Rizieq
  3. Jakarta

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.