Badrodin sebut sidang interpol momentum ungkap kasus transaksional

Senin, 7 November 2016 13:41 Reporter : Juven Martua Sitompul
Badrodin sebut sidang interpol momentum ungkap kasus transaksional Badrodin Haiti di Sidang Interpol. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Mantan Kapolri Jenderal (Purn) Badrodin Haiti turut hadir di peresmian sidang umum Interpol ke 85 di Nusa Dua Bali.‎ Badrodin menyebut sidang Interpol merupakan momentum Polri dan kepolisian negara lain untuk memecahkan segala persoalan menyangkut kejahatan transaksional crime.

"Momentum untuk bisa bantu memecahkan masalah strategis dalam hubungan negara. Kejahatan itu tidak bisa diselesaikan sendiri harus bisa bekerjasama dengan negara lain," kata Badrodin di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali. Senin (7/11).

Menurut Badrodin ada beberapa masalah yang harus dipecahkan dalam sidang bertema Setting a Global Roadmap for International Policing itu. Salah satunya, terkait langkah-langkah kerjasama dalam penanganan aksi terorisme khususnya gerakan ISIS.

"Perumusan strategis kan disini apa yang memang di dalam sidang ini menjadi satu acuan bagi negara anggota Interpol dalam melakukan langkah-langkah kerjsama lebih baik," ujar dia.

Dia juga berharap, dalam sidang Indonesia bisa mencontoh negara-negara lain menyangkut pendekatan ataupun strategi penegakan hukum. Mengingat, kejahatan terus berkembang sehingga taktis dan strategi penanganannya pun harus ikut berkembang.

"Demikian juga negara lain yang mungkin baru bagi kita, kita juga bisa mengadopsi dari negara lain, karena masalah taktis, teknis itu kan berkembang dan kejahatan itu berkembang sehingga taktis dan teknisnya juga harus berkembang," pungkas Badrodin. [rhm]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini