Baasyir dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur? keluarga tak diberitahu

Sabtu, 16 April 2016 10:39 Reporter : Arie Sunaryo
Baasyir dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur? keluarga tak diberitahu Abu Bakar Baasyir. ©REUTERS/Darren Whiteside

Merdeka.com - Beredarnya kabar pemindahan terpidana teroris Abu Bakar Baasyir dari LP Pasir Putih Nusakambangan ke Lapas Gunung Sindur, Bogor, pagi ini sampai ke telinga keluarga di Solo. Namun pihak keluarga belum mendapat pemberitahuan terkait rencana pemindahan pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Cemani, Sukoharjo, tersebut.

Pengakuan tersebut disampaikan putra Baasyir, Abdul Rochim Baasyir atau akrab disapa Iim saat dihubungi wartawan, Sabtu (16/4) pagi. Iim mengaku mengetahui kabar tersebut dari media.

"Saya belum menerima pemberitahuan apapun, lawyer kita juga tidak diberitahu," ujarnya, Sabtu (16/4).

Iim mengatakan, pada Rabu lalu ia sempat menjenguk ayahnya ke LP Pasir Putih Nusakambangan. Saat itu, kata Iim, ayahnya sama sekali tak bercerita tentang pemindahan tersebut. Namun ia menduga saat itu ayahnya belum diberitahu.

"Keluarga memang tidak pernah diberitahu kalau ayah saya akan dipindahkan. Pemerintah biasanya baru memberitahu setelah dipindahkan," keluhnya.

Iim dan keluarga menyesalkan sikap pemerintah tersebut, ia dan keluarga merasa seperti tidak pernah dianggap. Dia menambahkan, saat menjenguk ayahnya, Ba'asyir nampak menerima beberapa tamu, di antaranya dari BNPT.

"Saya tidak tahu apa yang dibicarakan, mungkin terkait rencana pemindahan atau mungkin yang lain," katanya.

Kendati demikian, jika benar dipindahkan, ia berharap di Lapas yang baru nanti, ayahnya diperlakukan lebih manusiawi dan diperbolehkan menjalankan ibadah dengan tenang.

Pada kunjungan saat itu, tambah Iim, Baasyir mengeluh tidak diperbolehkan lagi menjalankan salat berjemaah dan salat Jumat. Larangan itu, lanjut dia, sudah keterlaluan. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini