KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Atasi kepadatan pemudik di Pelabuhan merak, ASDP jual tiket online

Senin, 19 Juni 2017 15:06 Reporter : Dwi Prasetya
Antrean panjang di Pelabuhan Merak. ©2013 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Setiap kali jelang Lebaran, Pelabuhan Merak selalu dipadati pemudik yang hendak menyeberang dari Pulau Jawa ke Sumatera. Untuk mengurai kepadatan itu, tahun ini PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak membuka kembali satu dermaga, yaitu dermaga VI. Sehingga jumlah dermaga yang ada di Pelabuhan Merak mencapai 6 dermaga.

Tapi itu saja belum cukup. Untuk mengurai kemacetan yang selalu terjadi, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak membuka pembelian tiket secara online yang bisa didapatkan di beberapa titik di luar pelabuhan. Ini untuk memecah kedatangan pemudik yang menyeberang.

General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Tommy Kaunang mengatakan, inovasi dengan adanya pembelian tiket online ini diyakini bisa mengurangi kemacetan.

"Biasanya para pemudik selalu memanfaatkan waktu mudik pada malam hari, dengan adanya tiket online pemudik bisa datang dengan berangsur sehingga tidak terjadi kemacetan di Pelabuhan Merak," ujarnya.

Selain itu, untuk mengurangi volume penumpukan pemudik di pelabuhan Merak, pada H-4 Lebaran, kapal–kapal yang memiliki daya tampung besar akan tetap dioperasikan. Dengan bantuan operasional kapal besar, maka 3.000 kendaraan bisa diangkut per jam.

"Kalau motor bisa terangkut hingga 500 unit per jam khusus di dermaga enam. Selain itu, kami juga akan membagi lahan parkir untuk pembelian tiket online," katanya. [noe]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.