Atasi Banjir di Tasikmalaya, Pemprov Jabar Bakal Undang BBWS Citanduy

Jumat, 26 Juni 2020 22:47 Reporter : Mochammad Iqbal
Atasi Banjir di Tasikmalaya, Pemprov Jabar Bakal Undang BBWS Citanduy Uu Ruzhanul Ulum. Liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menilai Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy egois dalam melakukan penanganan banjir. Hal tersebut diungkapkannya terkait banjir yang terjadi di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya yang tidak teratasi walau sudah berulang selama puluhan tahun.

Uu mengatakan, banjir di Desa Tanjungsari kerap terjadi karena tidak adanya koordinasi yang baik antara BBWS Citanduy dengan pemerintah daerah.

"BBWS (Citanduy) ada sedikit ego. Contohnya, pemerintah dan masyarakat maunya sungai disodet, diperbesar, tapi BBWS (Citanduy) malah membuat tanggul dan itu jebol," katanya saat berkunjung ke Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (26/6).

Dari aspirasi yang disampaikan warga, penanganan banjir seharusnya dilakukan dengan melakukan pengerukan dan sodetan. Untuk tanah warga yang terkena dampak tersebut, menurut Uu, harus diganti rugi.

Menurutnya, sejak ia menjadi Bupati Tasikmalaya, banjir di sana tidak pernah tertangani dengan baik. Dan bila tidak ada penanganan yang serius, dipastikan masyarakat di Desa Tanjungsari pun akan menjadi korban banjir setiap hujan turun dengan intensitas tinggi.

"Penanganan banjir di Desa Tanjungsari harus dengan berkolaborasi antara BBWS dengan pemerintah daerah. Siapa tahu kita juga punya biaya dan disatukan untuk penanganannya," harapnya.

Baca Selanjutnya: Pemprov Jabar sendiri dikatakan Uu...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini