ASEAN Para Games, 17 Hotel Disiapkan untuk Peserta dari 11 Negara

Selasa, 28 Juni 2022 21:00 Reporter : Arie Sunaryo
ASEAN Para Games, 17 Hotel Disiapkan untuk Peserta dari 11 Negara Persiapan Venue ASEAN Para Games di Solo. ©2022 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - ASEAN Para Games (APG) XI di Solo tinggal sekitar sebulan lagi, yakni 30 Juli-6 Agustus 2022. Panitia menyiapkan 17 hotel di Solo Raya untuk menampung atlet dan ofisial dari 11 negara peserta.

Untuk mengantisipasi keamanan dan penularan Covid-19, panitia menggunakan sistem bubble 1 hotel untuk 1 cabang olahraga (cabor).

"Untuk mengantisipasi kasus naiknya Covid-19 nanti atlet hanya bisa bergerak dari hotel masing-masing ke venue. Jadi akan susah bergerak di luar dua tempat itu. Kita dapat bocoran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) seperti itu," ujar Sekjen National Paralympic Commiittee (NPC) Rima Ferdianto, Selasa (28/6).

Rima mengatakan, pemilihan hotel akan dikoneksikan dengan cabor. Meskipun jumlah cabor yang dipertandingkan hanya 14, namun pihaknya menyiapkan lebih dari 14 hotel. Panitia beralasan, ada cabor yang jumlah atletnya banyak.

"Jadi memang ada cabor yang jumlah atletnya banyak, seperti renang dan atletik, jadi tidak hanya di 1 hotel saja," jelas Rima.

2 dari 3 halaman

Dua Hotel di Semarang

Selain hotel di wilayah Solo Raya, panitia juga menyiapkan 2 hotel di Semarang. Hotel tersebut untuk menampung atlet dan official dari cabor renang yang dilaksanakan di Jatidiri, Semarang.

"Ada juga hotel untuk VVIP dan kementerian terkait. Memang kita butuh banyak hotel tambahan,” katanya.

Jika tidak cukup, lanjut dia, tamu dari kementerian terkait bisa menginap di Yogyakarta dan Semarang. Rima menyebut, hingga hari ini jumlah atlet yang berpartisipasi sebanyak 1.283 orang.

"Jumlah atlet Indonesia sementara sebanyak 331 orang. Jumlahnya bisa bertambah atau berkurang, disesuaikan dengan feasibilitas event,” terang dia.

Namun untuk jumlah pastinya, pihaknya menunggu predelegating registration meeting yang akan diselenggarakan 4 Juli mendatang.

3 dari 3 halaman

Hotel Diprediksi Penuh

Humas Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo Sistho A Sreshtho mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari NPC terkait alokasi kamar di tiap hotel.

"NPC Indonesia sudah mengalokasikan beberapa hotel untuk masing-masing cabor," katanya.

General Manager The Alana Hotel & Convention Center Solo itu memprediksi selama event ASEAN Para Games berlangsung, seluruh hotel di Solo dan sekitarnya akan penuh.

"Yang datang ke Solo nanti bukan hanya kontingen atlet-atletnya saja. Tapi lengkap dengan pendampingnya, ofisialnya, bahkan suporternya," ucap dia.

Sistho menambahkan, selain 17 hotel untuk atlet dan ofisial, juga ada 4 hotel yang disiapkan untuk panitia pelaksana (panpel) yang akan digunakan selama event APG 2022. [yan]

Baca juga:
Bertemu Erick Thohir dan Hary Tanoe, Gibran Dapat Sponsor ASEAN Para Games
Cari Sponsor ASEAN Para Games, Gibran Temui Erick Thohir
Jelang ASEAN Para Games Solo, Kemenkes Khawatirkan Lonjakan Kasus Covid-19
Gibran Siapkan Kejutan di Opening Ceremony ASEAN Para Games
Perhelatan ASEAN Para Games Diharapkan Dongkrak Perekonomian di Solo
Persiapan Venue ASEAN Para Games di Solo Lampaui Target, APSF Beri Pujian

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini