Arus Balik Lebaran, Menhub Wajibkan Pengguna Jalan Tol Bawa Hasil Rapid Test Antigen

Sabtu, 15 Mei 2021 13:36 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Arus Balik Lebaran, Menhub Wajibkan Pengguna Jalan Tol Bawa Hasil Rapid Test Antigen Rapid test antigen bagi pemudik. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mewajibkan pengguna jalan tol sudah memiliki hasil negatif Covid-19 dari rapid test antigen saat arus balik mudik. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Korlantas Polri terkait antisipasi lonjakan masyarakat saat balik pasca lebaran.

"Berkaitan koordinasi dengan Kakorlantas kami tentu akan melakukan suatu upaya upaya screening dengan mewajibkan mereka yang masuk jalan tol sudah memiliki rapid test antigen," katanya dalam jumpa pers virtual 'Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Lonjakan Kasus Covid-19 Pascalibur Lebaran', Sabtu (15/5).

Jika pengguna jalan tol belum memiliki rapid test antigen, maka pihaknya langsung melakukan tes terhadap pengemudi dan penumpangnya. Tes dilakukan di tempat istirahat.

"Kalau mereka belum terpaksa kita melakukan random test di titik titik tertentu yang dilakukan di rest area," ucapnya.

Selain itu, Kemenhub melakukan skema contra flow atau lawan arus jika terjadi penumpukan di jalan tol. Sistem ini diterapkan untuk mengatasi kemacetan.

"Kemungkinan kalau terjadi suatu lonjakan yang over, mungkin kita akan melakukan contra flow, dari segi lalu lintas," kata Budi. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini