Area Pertamina EP Balongan Dilalap Api, Pasokan Minyak Dipastikan Aman

Senin, 4 Februari 2019 14:31 Reporter : Aksara Bebey
Area Pertamina EP Balongan Dilalap Api, Pasokan Minyak Dipastikan Aman Kebakaran di kompleks kilang pertamina balongan. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kebakaran terjadi di OGT (Oil and Gas Transportation) Balongan PT Pertamina EP Asset 3, Indramayu, Jawa Barat. Meski demikian, peristiwa itu tidak akan mengganggu distribusi minyak untuk wilayah tersebut.

Dari informasi yang dihimpun, kebakaran diawali dengan ledakan gas di mesin pompa utama di area pipa gas. Untuk menghindari korban jiwa, masyarakat dan pegawai dievakuasi ke daerah pesisir laut Balongan sejak kejadian berlangsung.

Sepuluh mobil dari pemadam kebakaran diterjunkan. Selain itu, hadir dalam pengecekan dan pengamanan dari satpol PP, danramil Indramayu, petugas Polsek Balongan serta jajaran dari Polres Indramayu.

Humas pertamina ep asset 3, Rizki Vistiatri mengaku belum menaksir kerugian materil dari peristiwa tersebut. Namun, ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Tidak ada korban jiwa, masyarakat sekitar sudah mengungsi. Karyawan juga sudah dievakuasi," kata Rizki, saat dihubungi, Senin (4/2).

Dia menjelaskan, kebakaran terjadi pukul 09.40-10.15 WIB di dalam area OGT Balongan. Kebakaran sudah dapat ditanggulangi oleh tim pemadam kebakaran dan saat ini terus melakukan penyiraman untuk pendinginan lokasi.

"Kejadian kebakaran terjadi di sekitar area MGS (Main Gathering Station) OGT Balongan. Selain dari damkar, Api dipadamkan dengan menggunakan 6 (enam) Fire Truck (Damkar) dari Pertamina EP, Pertamina MOR3, dan Pertamina RU6," terangnya.

"Lokasi saat ini sudah kondusif, masyarakat diimbau untuk tidak mendekati lokasi sesuai aspek HSSE dan demi keamanan serta keselamatan masyarakat. Dan peristiwa ini tidak mempengaruhi distribusi," pungkasnya. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Kebakaran
  2. Pertamina
  3. Kilang
  4. Indramayu
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini