Api Lawu makin membesar, PMI Solo kirim tim medis & mobil damkar

Senin, 26 Oktober 2015 11:44 Reporter : Arie Sunaryo
Api Lawu makin membesar, PMI Solo kirim tim medis & mobil damkar Kebakaran di Gunung Lawu. ©2015 merdeka.com/arie sunaryo

Merdeka.com - Kebakaran hutan di Gunung Lawu wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur semakin meluas. Bahkan sudah memasuki area yang sangat dekat dengan pemukiman penduduk.

Meski berbagai upaya pemadaman dilakukan, namun api tak kunjung padam. Sedangkan area yang masuk wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah api sudah mulai padam.

"Di wilayah Karanganyar sudah mulai padam. Ini terus kita lakukan antisipasi," ujar staf humas Perhutani Surakarta, Suko Haryono, Senin (26/10).

Sementara itu, guna membantu pemadaman api di wilayah Magetan, Palang Merah Indonesia (PMI) Solo bekerjasama dengan badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo mengirim bantuan relawan, mobil Pemadam Kebakaran, ambulans dan tim medis.

"Ada 3 mobil damkar yang kita kirimkan untuk memadamkan api di dekat pemukiman di Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Tim kita terdiri dari 24 relawan, termasuk tim medis," jelas Humas PMI Solo, Sumartono Hadinoto.

Sumartono menjelaskan, tim PMI Solo berangkat ke Puncak Lawu pada Minggu (25/10) pukul 21.00 WIB. Setelah selesai memadamkan api dan mengevakuasi warga, tim kembali pulang ke Solo. Tiga mobil pemadam yang dikirim berasal dari Sragen, Karanganyar dan Klaten, serta 2 mobil tangki air dari Solo.

"Ada seorang anggota polisi hutan yang mendapatkan tindakan medis, namun hanya ringan saja," tegas Sumartono. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini