Antusias Anak-Anak Pedalaman Papua Barat Sambut Kedatangan Jokowi & Iriana

Senin, 28 Oktober 2019 11:24 Reporter : Merdeka
Antusias Anak-Anak Pedalaman Papua Barat Sambut Kedatangan Jokowi & Iriana Jokowi di Papua. ©2019 BPMI Setpres

Merdeka.com - Terik matahari kala itu sudah menyengat, meski begitu cuaca di Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat tetap dingin dan sejuk. Suasana di Pegunungan Arfak, Minggu 27 Oktober 2019 pun tak sepi seperti biasanya. Para warga mulai dari dewasa hingga anak-anak ramai-ramai turun dari kampungnya.

Mereka berpakaian rapi menunggu orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana. Kunjungan Jokowi dan Iriana mencatat sejarah. Sebabnya, Jokowi adalah presiden pertama yang berkunjung ke daerah yang dikenal dengan 'negeri di atas awan' itu.

Sebagian ada yang menuju Bandar Udara Irai untuk menunggu kedatangan Jokowi dan rombongan. Yang lainnya berkumpul di Lapangan Irai.

Jarum jam saat itu menunjukkan pukul 09.37 Wit, helikopter Super Puma milik TNI AU yang membawa Jokowi dan Iriana mendarat di Bandara Irai. Sorak-sorai para warga terdengar begitu riuh menyambut kedatangan Jokowi.

Senyum merekah dari wajah Jokowi begitu turun dari helikopter. Inilah kali pertama mantan Gubernur DKI Jakarta itu menginjakkan kaki di Kabupaten Pegunungan Arfak.

Tarian Tumbu Tanah yang merupakan tarian khas menyambut kedatangan Jokowi dan Ibu Negara. Dia lalu menyalami para penari yang merupakan pemuda pemudi asli Pegunungan Arfak.

Kemudian, Jokowi tiba-tiba menarik dua orang anak kecil dan menggandengnya. Tiga anak-anak lainnya pun ikut bergandengan di sebelahnya. Jokowi dan lima anak-anak itu berjalan bergandengan menuju Lapangan Irai.

Para warga yang sebelumnya menunggu di Bandara Irai pun ikut berjalan kaki bersama di belakang Jokowi. Di sepanjang jalan menuju lapangan, mantan Wali Kota Solo itu menyempatkan diri untuk menyapa para warga dan anak-anak.

Tibalah Jokowi di Lapangan Irai setelah berjalan sekitar 500 meter. Di sana,.000an masyarakat sudah menunggu Jokowi sedari pagi. Agenda awal kunjungan kerja Jokowi dimulai dengan ramah tamah dengan para warga Pegunungan Arfak.

Dia menjanjikan sejumlah hal kepada masyarakat seperti, perbaikan jalan antara Pegunungan Arfak ke Manokwari, pengembangan Bandara, serta pembangunan rumah sakit hingga pasar. Jokowi meminta waktu dua tahun untuk mengaspal jalan tersebut.

"(Jalan) Akan segera kita selesaikan. Agar apa? Agar barang-barang pertanian, produk-produk pertanian yang berasal dari Pegunungan Arfak bisa dijual di Manokwari," ujar dia di Lapangan Irai Kabupaten Pegunungan Arfak, Minggu 27 Oktober 2019.

Usai berpidato, Jokowi dan Iriana mampir ke Pasar Irai. Di sana, keduanya berbelanja produk-produk hasil pertanian masyarakat setempat seperti, strawberry, markisa, hingga kentang.

Baca Selanjutnya: Jokowi Kaget Harga Satu Kantong...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini